Pemanfaatan Mobile jurnalisme Terhadap Mahasiswa Jurnalistik

Rizky Fadilah, Wahyunengsih Wahyunengsih

Abstract


Mobile journalism (mojo) telah mengubah lanskap jurnalisme dengan memberikan kemampuan bagi para jurnalis untuk melaporkan berita secara efisien menggunakan perangkat mobile mereka. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pemanfaatan mobile journalisme oleh mahasiswa jurnalistik dan mengevaluasi kemampuan dan efektivitas mereka sebagai jurnalis. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metodologi campuran yang melibatkan penggunaan alat kuesioner dan wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurnalistik yang terlibat dalam penggunaan teknologi mobile journalism dalam melaporkan berita. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui platform WhatsApp dan wawancara yang dilakukan melalui platform yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setengah dari mahasiswa jurnalistik yang berpartisipasi dalam penelitian ini menggunakan teknologi mobile journalism dalam melaporkan berita. Melalui penggunaan teknologi ini, mereka dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengumpulkan, mengedit, dan menyebarkan berita secara efisien. Selain itu, mereka juga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas mereka sebagai jurnalis dalam menciptakan konten yang menarik dan informatif. Dengan demikian, pemanfaatan mobile journalism oleh mahasiswa jurnalistik memberikan kontribusi penting dalam mengembangkan keterampilan jurnalisme mereka. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi institusi pendidikan untuk mempertimbangkan integrasi teknologi mobile journalism dalam kurikulum jurnalistik mereka, sehingga mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tuntutan industri media yang terus berkembang.

Keywords


efektivitas jurnalis;integrasi teknologi;mahasiswa jurnalistik;mobile journalism

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research. Sage publications.

Deuze, M. (2009). Journalism, citizenship, and digital culture. Journalism and Citizenship: New Agendas in Communication, 15–28.

Fenberg, A. (2019). Critical Theory of Technology: An Overview. Routledge.

Franklin, B. (2015). The future of journalism: Developments and debates. Routledge.

Irwansyah, A. . (2022). Mobile Journalism on News Production in Kompastv. Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(3), 206–214.

Kovach, B., & Rosenstiel, T. (2014). The elements of journalism, revised and updated 3rd edition. Three Rivers Press.

Maulana, M. R. (2022). CITIZEN JOURNALIM PADA KANAL GENSINDO DI SINDONEWS. COM. Jurnal Jurnalisa, 8(1).

Murphy, C. (2013). Business journalism. Specialist Journalism, 20.

Pradana, C. G. W., Budiartha, I. N. P., & Arthanaya, I. W. (2022). Kedudukan Hukum Citizen Journalism (Jurnalis Warga Negara) Dalam Penyampaian Berita Kepada Masyarakat. Jurnal Preferensi Hukum, 3(2), 229–234.

Prestianta, A. M. (2022). Mobile Journalism Practice in the Kompas. com Newsroom. Komunikator, 14(2), 137–147.

Primasari, O. N. (2022). Strategi Komunikasi Radio Bintang Tenggara 95.6 FM Dalam Mempertahankan Program Citizen Journalism Melalui Media Sosial Facebook B88. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Rangga, A. C., & Ahmadi, D. (2023). Praktik Mobile Journalism dalam Peliputan Jurnalis Voice of America di Indonesia. Bandung Conference Series: Journalism, 3(1), 7–13.

Rodrigues, L. P. R., Baldi, V., & Gala, A. de C. O. S. (2022). MOBILE JOURNALISM: the emergence of a new field of journalism. Brazilian Journalism Research, 17, 280–305.

Rohmat, R., & Muhammad, H. (2023). Pendampingan Skill Citizen Journalism sebagai Upaya Pengendalian Krisis Sosial pada Pemuda Lampung di Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 84–92.

Skrikandi, M. B., & Budiharjo. (2023). Citizen Journalism Sebagai Implementasi Dari Participatory Media Culture Di Era Konvergensi Media. Jurnal Ilmu Komunikasi Uho, 8(1), 35–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jik.v2i2.3463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.