Pengaruh Komunikasi Celebrity Worship Terhadap Perilaku Compulsive Internet Use Pada Kasus Subcriber Youtuber Ria Sukmawijaya Selama Periode Tahun 2022
Abstract
Menarik untuk mempelajari proses perkembangan selebritis mikro saat ini. Akses gratis bagi siapa saja yang mengupload karya audio visual ke YouTube telah melahirkan fenomena baru yang dikenal sebagai micro-celebrity. Studi selebriti diperkaya dengan perkembangan media baru, seperti YouTube, mikro-selebriti, dan hubungan antara penggemar dan idolanya. Adapun hubungan dengan selebriti , ada juga hubungan dengan selebriti mikro terkenal melalui media sosial seperti YouTube. Peneliti kemudian menemukan salah satu perilaku unik yang diamati pada pelanggan Ria SW yang menarik untuk diteliti, yaitu perilaku penggemar/pelanggan ketika mereka menghormati konten Ria Sukmawijaya atau ketika Ria SW mengenal mereka dengan baik. Peneliti mengetahui hal tersebut dengan mengomentari isi Ria SW. Berdasarkan hal tersebut, hal ini mencoba untuk memahami hubungan antara pemujaan selebriti dengan penggunaan internet kompulsif yang dialami oleh penggemar/pelanggan mikroselebriti Ria SW. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data dikumpulkan melalui penyebaran survei online. Survey dilakukan terhadap 100 responden yang merupakan subcribers atau pelanggan Ria Sukmawijaya atau yang dikenal dengan Ria SW dan menunjukkan penggunaan internet yang berlebihan yaitu. melihat konten Ria SW lebih dari satu kali. Hasil yang diperoleh diolah di SPSS dengan menentukan metode analisis deskriptif, uji analisis klasik, uji hipotesis, uji korelasi regresi berganda, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji tabulasi silang. Informasi tersebut kemudian dijelaskan dengan jelas. Didapatkan hasil yaitu : Ada korelasi yang sangat diterima termasuk pribadi yang intens dan penggunaan Internet kompulsif. Kekuatan hubungan antara pelanggan Entertainment Social, Ria SW Perilaku penggunaan internet intense personal pelanggan Ria SW adalah 0,916, para peneliti kemudian menemukan bahwa variabel pemujaan selebriti memiliki dampak 87,3 persen terhadap perilaku penggunaan internet kompulsif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2010). metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Davis, R. A. ((2012).1). validation of a new scale for measuring problematic internet use: implications for pre-employment screening. journal of cyber psychology & behavior , 5(4), 331–345. doi:10.1089/10949310276027558.
Kemp, S. (2020), Desember). digital 2019: global internet use accelerates. Dipetik Desember 10, 2022, dari www.wearesocial.com: https://wearesocial.com/blog/2019/01/digital-2019-global-internet-use-accelerates#
Khan., M. L. (2017 ). social media engangement: what motivates user participatin and consumption on youtube?. Journal of computers in human behaviour. , 66 (2017): 236- 247. DOI: 10.1016/j.chb.2016.09.024.
LaRose, R. &. (2014). . A social cognitive theory of internet uses and gratification: towards a new model of media attendance. Journal of Broadcasting & Electronic Media. , 48 (3): 358-377. DOI: 10.1207/s15506878jobem4803_2.
Pratnyawan, A. &. (2020, Februari). Selain Atta Halilintar, ini 6 channel YouTube langganan Trending. Dipetik Desember 12, 2022, dari www.hitekno.com: https://www.hitekno.com/internet/2019/01/23/190000/selain-atta-halilintar-ini-6-
Rahayu. (2014). Uses and Gratifications: meniti pemahaman teori. Dalam Nunung Prajarto (Ed.). bianglala pemikiran komunikasi: konteks, teori, dan aplikasi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada.
Senft, T. (2008). Camgirls : celebrity and community in the age of social networks. (New York).: PeterLang.
Sugiyono. (2008, 2015 dan 2017). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Untari, P. (2018). Indonesia miliki 85 ‘Gold Creator’, YouTuber dengan Subscriber di atas 1juta. Diakses pada Desember 2022 pada laman. Dipetik Desember 13, 2022, dari www.techno.okezone.com: https://techno.okezone.com/read/2018/10/04/207/1959731/indonesia-miliki-85-gold-creator-YouTuber-dengan-subscriber-di-atas-1-juta
V.W, S. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, CV.
Zsila, A. M. (2018). The association of celebrity worship with problematic internet use, maladaptive day dreaming and desire for fame. Journal of behavioural addictions , 7(3), 654-664. DOI :10.1556/2006.7.2018.76.
Refbacks
- There are currently no refbacks.