Analisis Konten Instagram @dinkeskotabandarlampung Sebagai Upaya Penanggulangan Penyebaran Covid-19

Yovanka Septina Wiryadiguna, Ririn Jamiah, Hanindyalaila Pienrasmi

Abstract


Penelitian analisis isi konten media sosial Instagram @dinkeskeskotabandarlampung didasarkan padafenomena Pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi oleh negara Indonesia khususnya di Kota BandarLampung. Kebutuhan akan informasi terkait dengan pesan kesehatan yang secara khusus mengenai Covid-19dibuat sebagai upaya penanggulangan penyebaran virus Covid-19. Informasi diberikan melalui konten yangdimuat pada unggahan yang berada di Instagram @dinkeskotabandarlampung yang dibuat dengan berbagaimacam bentuk yang bervariasi dibuat sebagai sarana informasi, edukasi, serta persuasi kepada khalayaknya.Isi pesan konten terkait dengan Covid-19 secara terus menerus diberikan agar masyarakat dapat tercukupiinformasi yang dapat menambah wawasan serta mengubah pandangan atau sikap. Pentingnya informasi Covid-19 yang diberikan agar dapat memutus rantai penyebaran virus yang ada. Peneltian ini bertujuan untukmengetahui isi pesan yang disampaikan oleh akun Instagram @dinkeskeskotabandarlampung serta dapatmemahami proses produksi isi konten sehingga terciptanya konten yang dimuat. Penelitian yang dilakukan inimerupakan penelitian analisis isi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun penelitian dilakukan denganmeneliti konten yang dimuat pada akun Instagram @dinkeskeskotabandarlampung serta melakukan wawancaradengan pihak terkait yang berada di Dinas Kesehatan Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalahadanya karakteristik dari konten yang diunggah yang mendominasi yakni bentuk konten informatif dengan jeniskonten infografis, tema umum, isi unggahan yang mudah dibaca dan mudah dimengerti, serta isi caption yangmendominasi deskripsi gambar. Adapun konten yang yang dimuat pada akun Instagram bersumber padasumber daya informasi yang dikelola oleh Dinas Kesehatan Bandar Lampung seperti data informasi dariPuskesmas yang terlibat serta Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Dengan pihak-pihak yang terlibattersebut kemudian menghasilkan konten- konten yang variatif.

Keywords


Analisis isi, Covid-19, Instagram, Kota Bandar Lampung, Konten

Full Text:

PDF

References


Adi, R. S. (2019). Instagram @Kemensetneg.ri Sebagai Sarana Informasi Dalam Kegiatan Kepresidenan. 2-10.

E, G. (2012). A First Look At Communication Theory: Eight Edition. New York: Mc Graw Hill.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi unutk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya . Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Holmes, D. (2012). Teori Komunikasi : Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jumal, A. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). 2-13.

Kennedy, C. (2017). Social Media: The Art of Marketing on Youtube, Facebook, Twitter and Instagram. We Want Be Beat.

Mansoor, A. Z. (2020). Kajian Narasi Pemerintah RI Melalui Konten Grafis Tentang Pandemi Covid-19 Pada Kanal Twitter Kementrian Kesehatan RI. Jurnal Komunikasi Visual Volume 11, 29-44.

Morissan. (2015). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedua Group.

Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relation di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi 9(2), 199-210.

Rahmadiana, M. (2012). Komunikasi Kesehatan: Sebuah Tinjauan. Jurnal Psikogenesis Vol 1, 89-92.

Ritonga, E. Y. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Simbolika Vol 4.(1), 32-41.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jik.v1i1.2609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.