Pengaruh Sarana Prasarana Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai

Dirwansyah Sesunan, Abdul Basit

Abstract


The success key of institution to take care of citizen is determined by active participation of official, the completed of supporting infrastructure, and the compensation to the official. The official is hoped to be apparatus that have skill, capability, discipline, and high motivation to do their duty. The identified problem of this research is: (1) the supporting infrastructure is not enough available at the Tax Service Office Bandar Lampung; (2) Improving the performance of officials cannot be done by compensation policy; (3) The performance of official is not optimal. The result of this research shows that the condition of supporting infrastructure, official compensation, and the performance of official is good. The supporting infrastructure has better influence to the official performance than the official compensation. It can be happened because the infrastructure is a significant factor to support official to work effectively and efficiently.

Kunci keberhasilan suatu instansi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat sangat ditentukan dari partisipasi aktif setiap pegawai, kelengkapan sarana dan prasarana penunjang kerja serta kompensasi yang diterima pegawai . Pegawai diharapkan menjadi aparatur yang mempunyai keahlian, kemampuan, kedisiplinan serta bersemangat tinggi dalam menjalankan tugas. Masalah yang dapat diidentifikasikan adalah sebagai berikut : 1) Belum tersedianya sarana dan prasarana penunjang kerja yang memadai pada Kantor Pelayanan Pajak Bandar Lampung. 2) Kompensasi yang diterima pegawai belum mampu meningkatkan kinerja pegawai. 3) Kinerja pegawai belum menunjukan tingkat optimalisasi sesuai dengan yang ditargetkan pada Kantor Pelayanan Pajak Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  secara umum sarana dan prasarana penunjang pekerjaan pada Kantor Pelayanan Pajak Bandar Lampung dalam kategori baik, kompensasi yang diterima pegawai dalam kategori baik dan kinerja pegawai dalam kategori baik. Sarana dan prasarana penunjang kerja lebih berpengaruh terhadap kinerja pegawai dibandingkan dengan kompensasi yang diterima pegawai. Hal ini terjadi karena sarana dan prasarana merupakan faktor yang penting dalam menunjang pegawai untuk bekerja secara efektif dan efisian.


Keywords


supporting infrastructure; compensation; official performance;sarana dan prasarana penunjang; kompensasi; kinerja pegawai.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Bernardin, H.J. dan J.E.A. Russell. 1993. Human Resource Management. Singapore: MacGraw Hill, Inc.

Chung, K.H. dan L.C. Megginson, 1981, Organizational Behavior: Developing Managerial Skills. New York: Harper & Row Publishers.

Kramar, R. P., McGraw, dan R. Schuler. 1997. Human Resource Management in Australia. South Melbourne. Addison Wesley Longman Australia Pty. Limited.

Martin, L.L. and P.M. Kettner. 1996. Measuring the Performance of Human Service Program. New Delhi: Sage Publications.

Nawawi, H. 1998. Manajemen Sumberdaya Manusia: Untuk Bisnis yang Kompetitif. Gajahmada University Press. Yogyakarta.

Nitisemito, A.S. 1982. Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Pollitt, C., & G. Bouckaert. 2000. Public Management Reform: A Comparative Analysis. London: Oxford University Press.

Pullitt, Ch., J. Birchall and K. Putman. 1998. Decentralising Public Service Management. Hampshire. England: McMillan.

Siagian, S.P. 1985. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Gunung Agung. Jakarta.

Siagian, S.P. 1989. Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Gunung Agung. Jakarta.

Sutardjo. 1999. Sistem Pendidikan. Erlangga. Jakarta.

Wahyudi, A. 2004. Tata Laksana Baku Penyusunan Tesis. MM-UBL Bandar Lampung.

Widiyanti, N., dan Y.W. Sunindhia. 1997. Sumber Daya Manusia Suatu Kajian. Pena Persada. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v2i2.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub