Kepuasan Nasabah Kredit Berpenghasilan Tetap

Abdul Basit, Iskandar AA

Abstract


One sector that became the belle of the target banks claim is the consumption sector. In the banking sector given the level of consumption of a very small risk, plus the pattern offered by the consumption sector was so tempting. The purpose of this study are: 1) To determine the level of customer satisfaction of fixed-income credit (Kretap) at the BRI branch Telukbetung with the implementation of external marketing company; 2) To determine what factors are causing customersof Kretap at Telukbetung BRI branch is satisfied or not satisfied. Research design used is descriptive research. Study sample is 10% of the number of customers at the BRI branch Kretap Telukbetung of 97 respondents. Analysis conducted by the descriptive method the percentage technique. The results showed that customer satisfaction at the BRI branch Telukbetung reached 72% of the expected, with enough categories to satisfy customers. Factors that satisfy customers include interest rates in Kretap, easy to reach location of BRI, the ease in obtaining loans Kretap, staff skills in customer service, staff friendliness and courtesy, and attention in handling customer complaints. While the factors that are less satisfying customers include credit plafond, credit duration, and breadth of the office network (units/on line).

Salah satu sektor yang menjadi primadona target garapan perbankan adalah sektor konsumsi. Dalam perbankan sektor konsumsi memberikan tingkat risiko yang sangat kecil, ditambah lagi pola yang ditawarkan oleh sektor konsumsi pun begitu menggiurkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah kredit berpenghasilan tetap (Kretap) pada BRI Cabang Telukbetung terhadap pelaksanaan pemasaran eksternal perusahaan; 2)  Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan nasabah pinjaman Kretap pada BRI Cabang Telukbetung merasa puas atau tidak puas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah riset deskriptif. Sampel penelitian adalah 10 % dari jumlah nasabah Kretap pada BRI Cabang Telukbetung sebanyak 97 responden. Analisis dilakukan secara metode deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan Nasabah Kretap pada BRI Cabang Telukbetung baru mencapai 72 % dari yang diharapkan, dengan kategori cukup memuaskan nasabah.  Faktor-faktor yang memuaskan nasabah di antaranya adalah dalam hal suku bunga Kretap, kemudahan menjangkau lokasi BRI, kemudahan dalam memperoleh pinjaman Kretap, keterampilan petugas dalam melayani nasabah, keramahan dan kesopanan petugas, dan perhatian dalam penanganan keluhan nasabah. Sedangkan faktor-faktor yang kurang memuaskan nasabah di antaranya adalah plafond Kretap, jangka waktu Kretap, dan keluasan jaringan kantor (unit/on line). 



Keywords


customer satisfaction; fixed-income credit;kepuasan nasabah; kredit berpenghasilan tetap.

Full Text:

PDF

References


Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Istijanto. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kasali, R. 2005. Change. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Keller, K.L. 1998. Strategic Brand Management. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kartajaya, H. 1997. Siasat Memenangkan Pasar Persaingan Global. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. 2003. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

. dan Gary Armstrong. 1996. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock. 2002. Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: PT Refika Aditama.

Poerwadarminta, W. J. S. 1994. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rangkuti, F. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. 1999. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Umar, H. 2001. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RadjaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v1i2.668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub