Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung

Nopalinda Handayani, Hendri Dunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan membuktikan apakah variable disiplin kerja dan budaya organisasi berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung serta mengetahui variable manakah yang berpengaruh dominan antara disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung. Populasi penelitian ini sebanyak 408 pegawai dan menggunakan sampel sebanyak 44 responden pegawai Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung. dengan metode pengumpulan data melalui pembagian kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan Metode Kualitatif dan Kuantitatif yang menggunakan ujivaliditas, reliabelitas, analisis regresi linier berganda, uji t-test, uji F serta uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan disiplin kerj dan budaya organisasi berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung. Koefisien variable Disiplin kerja dan budaya organisasi bernilai positif menandakan hubungan yang searah, dengan kata lain semakin bertambah tingkat Disiplin kerja dan budaya organisasi maka kinerja akan semakin tinggi pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung. Pengaruh Disiplin kerja dan budaya organisasi dengan kinerja pegawai pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung. adalah sebesar (0,797) dan Koefisien Determinasi sebesar R2 (square) adalah sebesar (0,635) yang berarti bahwa variable Disiplin kerja dan budaya organisasi mampu menjelaskan variable terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung, sebesar 63,5 persen, sisanya di jelaskan oleh variable lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.


Keywords


Disiplin Kerja, Budaya Organisasi dan Kinerja pegawai

Full Text:

PDF

References


-




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub