Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMAN 1 Abung Pekurun Kecamatan Abung Pekurun Kabupaten Lampung Utara

Sri Ariani, Veronica Saptarini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan mula-mula disusun, dijelaskan dan kemudian dianalisa. Sumber data primer: Wakil Kepala sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Siswa. Data sekunder umumnya berupa bukti catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.

Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SMAN 1 Abung Pekurun dapat dikatakan cukup baik, namun masih kurang maksimal dalam berperan. Hal ini dapat dilihat keterlibatan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan dan sebagai mediator mengenai program sekolah dan RAPBS. Peran komite sebagai pengontrol dan pendukung juga sudah cukup baik namun belum maksimal dalam memberikan masukan berupa saran mengenai pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sekolah.


Keywords


Komite Sekolah, Mutu Pendidikan, Manajemen.

Full Text:

PDF

References


Afriyanli, Hana Khairi & Sabanda, Ahmad. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 51–55.

Astuti, Retno Widia., Fitria, Happyn & Rogan, Rohana. (2020). The Influence of Leadership Styles and Work Motivation on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 105–114.

Barusman, Andala Rama Putra. (2014). The Role of Student Satisfaction At Private Universities. Business and Entrepreneurial Review, 14(1), 33–56.

Febriana, Lilys. (2019). Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 1 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163.

Fitrah, Muh. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.

Kristiawan, Muhammad. (2015). A Model of Educational Character in High School Al-Istiqamah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera. Research Journal of Education, 1(2), 15–20.

Mar’ati, Azizatul. (2022). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 479–484.

Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(5), 312–321.

Raberi, Ariyadi., Fitria, Happy & Fitriani, Yessi. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al – Qiyam, 1(2), 11–20.

Rohma, Siti., Harapan, Edi & Wardiah, Dessy. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13–23.

Sholikhah, Sholikhah. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komika, 10(2), 342–362.

Sulastri, Sulastri., Fitria, Happy & Martha, Alfroki. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research , 1(3), 258–264.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub