Niat Menggunakan M-Paspor: Suatu Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam mengadopsi teknologi M-Paspor di kalangan masyarakat khususnya pemohon Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai model dasar serta dikembangkan untuk mengidentifikasi komponen yang mempengaruhi keputusan individu untuk menggunakan teknologi M-Paspor. Dalam penelitian ini juga teridentifikasi bahwa (2) Sikap seorang pengguna dipengaruhi oleh persepi kegunaan dan persepi kemudahan penggunaan terkait pengunaan M-Paspor. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi persepsi kegunaan pada M-Paspor maka semakin positif pula sikap terhadap penggunaan M-Paspor, begitu pula dengan persepsi kemudahan penggunaan dimana apabila persepi kemudahan penggunaan pengguna terhadap M-Paspor tinggi, maka pengguna akan memiliki sikap positif terhadap M-Paspor. Ditemukan juga (3) Persepi kegunaan dipengaruhi oleh persepi kemudahan penggunaan terkait penggunaan M-Paspor. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi persepsi seseorang mengenai kemudahan menggunakan M-Paspor maka semakin tinggi pula persepsi seseorang mengenai kegunaan M-Paspor untuk melakukan permohonan Paspor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, Berliana Rizka Khusnul & Andarini, Sonja. (2023). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Dan Social InfluenceTerhadap Intention To Use Layanan Video On Demand (Studi Pada Pengguna Aplikasi Netflix Di Kota Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3678–3691.
Chao, Cheng-Min. (2019). Factors Determining the Behavioral Intention to Use Mobile Learning: An Application and Extension of the UTAUT Model. Frontiers in Psychology, 10, 1–14.
Fajri, M Fatkhul Nur., Widhiningsih, Virra & Jannah, Rahmawati Nurul. (2023). Implementasi Aplikasi M-Paspor dalam Kemudahan Pelayanan Permohonan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tpi Tanjung Perak. Journal of Administration and Internal Development, 3(2), 49–81.
Faradila, Selli Nisrina & Soesanto, Harry. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online Berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–12.
Greaves, Martin., Zibarras, Lara D & Stride, Chris. (2013). Using the theory of planned behavior to explore environmental behavioral intentions in the workplace. Journal of Environmental Psychology, 34, 109–120.
Helpiastuti, Selfi Budi., Syaifana, Irba & Rohman, Hermanto. (2023). Kualitas Pelayanan M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosia, 7(1), 15–30.
Hendrik, Jhon., Barusman, Andala Rama Putra & Habbibuhrahman, Habbibuhrahman. (2016). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus. Jurnal Visionist, 5(1), 34–41.
Istiarni, Panggih Rizki Dwi & Hadiprajitno, Paulus Basuki. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 1–10.
Kurniawati, Hanif Astika., Winarno, Wahyu Agus & Arif, Alfi. (2017). Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang Telah Dimodifikasi (Analysis Behavioral Intention to Uses of Mobile Banking Technology Acceptance Model (TAM) Approach Modified). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 24–29.
Lenaini, Ika. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Lestari, Elissa Dwi & Soesanto, Oei Richard Chandra. (2020). Predicting Factors That Influence Attitude to use and its Implications on Continuance Intention to use Svod: Study On Netflix Users of Indonesia. DeReMa (Development of Research Management) , 15(2), 183–208.
Mada, I Gede Nyoman Carlos Wiswanatha & Putri, Putu Yudha Asteria. (2021). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penggunaan Online Banking di PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Cabang Gianyar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 3(1), 12–18.
Majampoh, Greise., Saerang, David P E & Suwetja, I Gede . (2017). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (Simak Bmn) Pada Kantor Imigrasi Kelas Ii Tahuna. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2), 681–693.
Mulyani Asri & Kurniadi, Dede. (2015). Analisis Penerimaan Teknologi Student Information Terminal (S-IT) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Wwasan Ilmiah Manajemen Dan Teknik Informatika, 7(2), 23–35.
Prameswari, Anisa., Zakaria, Saifullah & Centia, Selvi. (2023). Pelayanan Publik Berbasis Electronic Government Melalui Penerapan Aplikasi Mobile Paspor (M-Paspor) di Kantor Imigrasi Kelas I Tpi Bandung Tahun 2022. Jurnal Administrasi Pemerintahan (JANITRA), 3(2), 256–267.
Priadana, Sidik & Sunarsi, Denok. (2021). Metode-Penelitian-Kuantitatif.
Rahayu, Florensia Sapty., Budiyanto, Djoko & Palyama, David . (2017). Analisis Penerimaan e-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi | Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 85–95.
Rahmawati, Lia Atma & Hariani, Dyah. (2019). Analisis Penerapan E-Government Pada Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (Simkim) di Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 8(4), 525–558.
Ramadhan, Ahmad., Tukino, Tukino & Hilabi, Shofa Shofiah. (2023). Audit Pendaftaran Sistem Informasi Aplikasi M-Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas 1 Non Tpi Karawang. Journal of Mandalika Literature, 4(3), 311–322.
Rijatullah, Rizki., Suroso, Agus & Rujito, Lantip. (2020). Pengaruh Persepsi Kemanfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Sikap Penggunaan Resep Elektronik. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 22(2), 217–232.
Setyo, Joko Bimo Prawiro & Sidik, Adi Permana. (2020). Peran Humas Imigrasi Kelas 1 Tempatt Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandung Dalam Dimensi Program E-Paspor. Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi Dan Teknik (SoBAT), 135–144.
Shroff, Ronnie H & Keyes, Christopher J. (2017). A Proposed Framework to Understand the Intrinsic Motivation Factors on University Students’ Behavioral Intention to use a Mobile Application for Learning. Journal of Information Technology Education. Research, 16, 143–168.
Suryani, Devi., Ermansyah, Ermansyah & Sukri, Saipul Al. (2021). Pengaruh Perceived Ease of use, Perceived Usefulness dan Trust terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek. IJBEM; Indonesia Journal of Business Economics and Management, 1(1), 11–19.
Widiarta, I Putu Purnama., Zubaidi, Ariyan & Darmeli, Darmeli. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris ATK pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram (Design And Construction Of ATK Inventory Information System at Class I Immigration Office TPI Mataram). Jurnal Begawe Teknologi Informasi, 2(2), 214–222.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i1.3546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visionist saat ini terindeks:
Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub