Pengaruh Fashion Lifestyle dan Self Image terhadap Impulse Buying Thrifting di Ailaa Shop Bandar Lampung

Fenny Purnamasari, Tina Miniawati Barusman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  Fashion Lifestyle dan Self Image pada konsumen thrifting Ailaa Shop di Kota Bandar Lampung. Berkembangnya fashion saat ini, tentunya masyarakat akan mengikuti tren berpakaian terbaru, salah satunya di Kota Bandar Lampung. Terdapat masyarakat yang lebih memilih untuk melakukan thrifting demi menekan budget agar keperluan gaya hidup (lifestyle) mereka terpenuhi. Hal tersebut dapat mempengaruhi self image (citra diri) yang ada pada diri pribadi, terkait dengan bagaimana individu menampilkan dirinya secara fisik, maupun persepsi mengenai dirinya sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif, dengan pebagian kuisioner untuk mengetahui seberapa besar pengaruh setiap variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  Self Image pada konsumen thrifting Ailaa Shop di Kota Bandar Lampung. Konsumen memiliki kecenderungan untuk memiliki gaya berpakaian yang populer dan dinamis yang disertai selera masyarakat di sekitar Bandar Lampung. Sedangkan fashion sendiri dipandang sebagai media komunikasi nonverbal yang dapat mempengaruhi seseorang untuk dapat menilai penampilan orang lain. Impulse Buying pada Ailaa Shop tergolong tinggi, kecenderungan responden untuk melakukan pembelian impulsif sering terjadi, hal ini didukung dengan konsumen yang memiliki ketertarikan lebih terhadap produk thrifting yang tergolong langka, serta peran ingin memiliki pakaian yang ditawarkan oleh penjual. Implikasi berdasarkan hasil penelitian yaitu dengan selalu mempertahankan kualitas produk thrifting yang dimiliki, karena semakin berkualitas suatu produk, maka konsumen akan semakin tertarik dan nyaman menggunakan produk Ailaa Shop, hal ini akan mendorong konsumen memiliki stimulus positif untuk membeli barang secara impulsif. Selain itu, juga perlu ditingkatkan pada aspek pelayanan yang diberikan. Konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk karena rasa percaya diri yang diberikan oleh pakaian yang dibeli.


Keywords


Impulse Buying, Fashion Lifestyle, Self Image, Thrifting.

Full Text:

PDF

References


Afifurrahman, Muh & Saputri, Marheni Eka. (2021). The Effect of Fashion Lifestyle and Self Image on Impulse Buying of Thrifting Clothes in Bandung City. EProceedings of Management, 8(5), 5958–5966.

Agustian, Bayu., Supriatno, Muhamad., Ripjan, Muhammad., Trikesumawardani, Sekar., Nursita, Siti Fitriah., Diviana, Maha Raisha & Fauzi, Ahmad Rafi. (2023). Fenomena Fashion Thrift Dikalangan Mahasiswa Fisipkom Unida Sebagai Bentuk Mengekspresikan Diri. Karimah Tauhid, 2(1), 100–110.

Aswadana, Pandu., Rahayu, Dwi Ayunda Suci & Effendy, Muhammad Aufayudha Arafat. (2022). Pandangan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya terhadap Perubahan Gaya Hidup Akibat Fenomena Thrifting. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial FISH Universitas Negeri Surabaya, 1, 532–540.

Basyir, Azhar. (2019). Pengaruh Fashion Lifestyle dan Penetahuan Produk Terhadap Minat Beli (Studi Terhadap Konsumen Batik Tulis Madura Al-Fath KKG Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3), 564–570.

Dewi, Lucky Fatmala., Nur’aini, Siti & Kusumaningtyas, Nuraini. (2021). Citra Diri Terhadap Kecenderungan Hedonistic Lifestyle Pada Mahasiswa. Psycho Idea, 19(1), 25–34.

Fadila, Nika Nencayana., Alifah, Raudhotul, & Andhita, Risko. (2023). Fenomena Thrifting Yang Populer Dikalangan Mahasiswa. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 278–291.

Hidayat, Rahmat & Tryanti, Inggit Kusni. (2018). Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulsive Buying Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 174–180.

Imbayani, I Gusti Ayu & Novarini, Ni Nyoman. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. Jurnal Ilmah Manajemen & Bisnis, 3(2), 199–210. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen

Japarianto, Edwin & Sugiharto, Sugiono. (2011). Pengaruh Shopping Life Style dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41.

Mayasari, Dewi. (2019). The Influence of Fashion Lifestyle, Sales Promotion and Self-image to Impulse Buying Behaviour and Customer Satisfaction. In Journal of World Conference (JWC) , 1(1), 58–63.

Padmasari, Dwi & Widyastuti, Widyastuti. (2022). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying pada Pengguna E-Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 123–135.

Priadana, Sidik & Sunarsi, Denok. (2021). Metode-Penelitian-Kuantitatif, 1-229.

Setiadi, I Made Willy & Warmika, I Gede Ketut. (2015). Pengaruh Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Konsumen Fashion yang Dimediasi Positive Emotion Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(6), 1684–1700.

Sucidha, Irma. (2019). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion terhadap Impulse Buying Produk Fashion pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. Jurnal Ilmah, Manajemen, 3(1), 1–10.

Taharu, Rini Velita., Barusman, Andala Rama Putra & Saptarini, V. (2019). Pengaruh e-Wom dan Review Produk pada Market Place Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Jadi di Bandar Lampung. Jurnal Visionist, 8(1), 40–47.

Virly, Norafika & Balgies, Soffy. (2023). Self Esteem dengan Online Compulsive Buying Produk Fashion pada Konsumen Perempuan. Psycho Aksara Jurnal Psikologi, 1(1), 19–31.

Wahdah, Ajeng Anis & Hapsari, Radhita Dwi Vata. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 1(4), 444–451.

Widjiono, Livia Margarita & Japarianto, Edwin (2014). Analisa Pengaruh Self Image Congruity, Retail Service Quality, dan Customer Perceived Service Quality Terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening di Broadway Barbershop Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 35–42.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i1.3543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub