Analisis Kerja Frontliner Dalam Memberikan Pelayanan Berdasarkan Standar Operasional Prosedur di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Kemiling Tanjung Karang

Tomi Satriya, M Oktaviannur

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pelayanan oleh Frontliner berdasarkan standar operasional prosedur di Bank Rakyat Indonesia Unit Kemiling Tanjung Karang. Peneliti menggunakan teknik wawancara dalam mengumpulkan data primer yang didapatkan dari Kepala Cabang BRI Unit 1 orang, Teller 1 orang, Nasabah3 orang dan Satpam 1 orang. Sedangkan untuk mendapatkan data sekunder, peneliti menggunakan teknik observasi di lokasi penelitian yang bertempat di Bank BRI Unit Kemiling Tanjung Karang dan juga menggunakan teknik dokumentasi yang di dapat dari literatur- literatur terkait. Frontliner sudah sesuai dengan standar operasional prosedur di Bank Rakyat Indonesia Unit Kemiling Tanjung Karang yang dapat diuraikan sebagai berikut. Dimensi Kehandalan (Reliability), petugas frontliner BRI Unit Kemiling sudah handal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya baik sebagai customer service, teller maupun security. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum petugas Frontliner sudah menunjukkan kinerja pelayanan sebagaimana Standar Operasional Prosedur di Bank Rakyat Indonesia Unit Kemiling Tanjung Karang.

Keywords


Sumber daya manusia, Kompetensi Pegawai, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, Andarusni & Mariyani, Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The Effect of Security, Service Quality, Operations and Information Management, Reliability &Trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping Website. International Journal of Supply Chain Management, 8(6), 586–594.

Elena, Nic Ioana. (2012). Company Performance Measurement and Reporting Methods. Annals Of The University Of Oradea, Economic Science Series, 21(2), 1–8.

Galib, Mukhtar & Hidayat, Muhammad (2018). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pt. Bosowa Propertindo. SEIKO: Journal of Management & Business, 2(1), 92–112.

Gultom, Dedek Kurniawan. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis , 14(02), 176–184.

Ismawanto, Totok., Setianegara, Gunawan R & Rahmani, Safirda. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Frontliner Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman Unit Klandasan. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 16(1), 16–1.

Koeswara, Sonny & Muslimah, Muslimah. (2013). Analisis Besarnya Pengaruh Kinerja Pelayanan (Service Performance) Frontliner dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Prioritas Pt. Bca, Tbk Cabang Permata Buana Dengan Pendekatan Metode Regresi Linear Multiple. Jurnal PASTI, 1, 1–13.

Morias, Daniel N., Gitau, Margaret W & Daggupati, Naresh Pai Prasad. (2015). Hydrologic and Water Quality Models: Performance Measures and Evaluation Criteria. Transactions of the ASABE, 58(6), 1763–1785.

Nafi’udin, Muhammad Faris., Alfi, Mohammad Nabil., Fathoni, Muhammad Iqbal & Athallah, Naufal Alwan. (2023). Penerapan Standar Operasional Prosedur Terhadap Pelayanan Prima Service Assistant (Sa) di Bank Jatim Syariah Kc Malang. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 4(1), 22–33.

Nugrahayu, Erika Ributari. (2015). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntans, 4(10), 1–16.

Taufiq, Rohman. (2019). Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit. Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 12(1), 56–66. https://doi.org/10.22441/profita.2019

Zamili, Moh. (2015). Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. Jurnal Lisan Al-Hal, 7(2), 283–304.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i1.3542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub