Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Supervisi Akademik Terhadap Mutu Pendidikan di SMA Xaverius Bandar Lampung

Franciscus Xaverius Agung Sucahyo, Haninun Haninun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara simultan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Supervisi Akademik Terhadap Mutu Pendidikan Di SMA S Xaverius Bandar Lampung dengan pendekatan kuantitaif dengan metode survey (kuesioner). Hasil dari rapor pendidikan SMA S Xaverius Bandar Lampung Tahun 2022 menunjukkan bahwa nilai kompetensi pedagogik dengan kriteria baik, kualitas pembelajaran dengan kriteria terarah, dukungan untuk refleksi guru dengan kriteria terarah, sedangkan proporsi pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan mutu memiliki nilai masih perlu ditingkatkan. Dalam uji hipotesis, secara parsial dengan uji-t diperoleh ada pengaruh antara variabel kompetensi pedagogik terhadap mutu pendidikan dengan nilai thitung = 2,432 > ttabel = 2,024 dan nilai R Square sebesar , serta adanya pengaruh antara variabel supervisi akademik terhadap mutu pendidikan dengan thitung = 3,121 > ttabel = 2,024 dan nilai R Square sebesar . sedangkan secara simultan dengan uji-f didapatkan nilai fhitung = 7,391 > ftabel = 3,245 dan nilai R Square sebesar 0,285, yang memberikan arti ada pengaruh antara variabel kompetensi pedagogik dan variabel supervisi akademik terhadap mutu pendidikan di SMA S Xaverius Bandar Lampung dengan besarnya kontribusi sebesar 28,5%, sedangkan 71,5 % sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Kompetensi Pedagogik, Supervisi Akademik, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma’aruf. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 1). 1-430.

Barusman, Andala Rama Putra. (2014). The Role Of Student Satisfaction At Private Universities. Business and Entrepreneurial Review, 14(1), 33–56.

Fadhli, Muhammad. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajamen Pendidikan, 1(02), 215–240.

Hakim, Adnan. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science (IJES) ||, 4(2), 1–12.

Hasanah, Miftahul Laili & Kristiawan, Muhammad. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97–112.

Herawati, Herawati., Murniati, Murniati & Yusrizal, Yusrizal. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Smp 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 59–68.

Janna, Miftahul Nilda & Herianto, Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss. 1–12.

Lalupanda, Efry Melany (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72.

Martoredjo, Nikodemus Thomas. (2020). Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tentangan bagi Sektor Pendidikan?. Jurnal Binus, 7(1), 1–15.

Mulyani, Fitri. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 3(1), 1–8.

Musyadad, Vina. Febiani., Hanafiah, Hanifah., Tanjung, Rahman & Afirudin, opan. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(6), 1936–1941.

Nugraha, Tono Supriana. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.

Rahabav, Patris. (2016). The Effectiveness of Academic Supervision for Teachers. Journal of Education and Practice, 7(9), 47–55.

Raharjo, Sabar Budi., Yuliana, Lia & Yudha,Yusuf Hadi. (2018). Capaian Standar Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 129–140.

Umasugi, M., Mardiyono, M., & Sawarno, S. (2014). Analisis Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Dalam Rangka Menjamin Standarisasi Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Di Kabupaten Kepulauan Sula. Jurnal Reformasi, 4(1), 16–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i1.3539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub