Analisis Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Variabel Motivasi Kerja pada RSIA Aries Jakarta Barat

Arif Zulkarnain, Sartono Sartono, Sartono Sartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan yang dimediasi variable motivasi pada RSIA Aries Jakarta Barat. Sampel yang digunakan sebanyak 42 orang pegawai RSIA Aries Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kasual dengan metode penelitian menggunakan penelitian survei dengan pendekatan statistic. Analisis data menggunakan regresi linier dengan bantuan Program SPSS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin berpengaruh terhadap motivasi kerja pada RSIA Aries Jakarta Barat. Kemudian disiplin berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada RSIA Aries Jakarta Barat serta motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada RSIA Aries Jakarta Barat. Saran yang dapat dikemukakan hendaknya setiap pegawai tidak melanggar aturan kerja yang ditetapkan oleh RSIA Mutiara Putri sekecil apapun, kemudian hendaknya setiap pegawai menjadikan kritikan dan masukan dari atas sebagai motivasi untuk memperbaiki dan mengembangkan diri demi kemajuan karyawan dan RSIA Aries Jakarta Barat serta setiap karyawan hendaknya mengembangkan sikap inisiatif dalam setiap pelaksanaan pekerjaan tanpa menunggu arahan atau pengawasan dari atasan.


Keywords


Disiplin, Motivasi Kerja, Kinerja, RSIA Aries Jakarta Barat

Full Text:

PDF

References


Ady, Fransiskus Dan Wijono, Djoko. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 2(2), 101.

Akbar, Surya. (2018). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kerja. Jiaganis, 3(2), 1–17.

Anjani, Ayu. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 1.

Barusman, Andala Rama Putra and Mihdar, Fauzi. (2014). The Effect Of Job Satisfaction And Organizational Justice On Organizational Citizenship Behavior With Organization Commitment As The Moderator. International Journal Of Humanities And Social Science, 4(9), 118-126.

Damayanti, Sisvana. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Kerja Pegawai Tetap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur Tahun 2014. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2(2), 139–149.

Sari, Nur;Aini Diah dan Ismiyati. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi, Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.

Indriono, Anik. (2020). Implementasi Standar Sumber Daya Manusia Dan Pelayanan Minimal Kesehatan Di Kota Pekalongan. Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum, 19(1), 72–81.

Isvandiari, Any Dan Purwanto, Anang. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Medis Rumah Sakit Islam Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(1), 38–43.

Labola, Yostan Absalon. (2019). Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat Dan Ketahanan Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1).

Mudayana, Ahmad Ahid .(2014). Pengaruh Motivasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal Of Public Health), 4(2). Https://Doi.Org/10.12928/Kesmas.V4i2.1098

Pohan, Iskandar Muda, Barusman, Andal Rama Putra Dan Oktaviannur, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Agro Multiguna Sejati. Visionist, 9(2).

Pramudyo, Anung. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 9–25.

Setiawan, Agung. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerjakaryawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(4).

Siregar, Liesman Maywarni. (2019). Analisis Kepuasan Kerja Dan Kualitas Pelayanan. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 89–99.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, CV.

Wahyudi. (2019). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business, 2(3), 351–360.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub