Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Implementasi Pembangunan Zona Integritas (Studi Kasus pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Bandung)

Rivan Sutrisno, Endang Kristiawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penataan Manajemen dan Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bandung dan Apa faktor pendukung dan penghambat Penataan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam pembangunan Zona integritas sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi Republik Indonesia No.52 Tahun 2014. Berdasarkan hasil penelitian melalui pendekatan kualitatif deskriptif berupa observasi dan wawancara mendalam, bahwa upaya meningkatkan Kualitas manajemen sumber daya manusia dalam upaya pembangunan zona integritas yang dilaksanakan oleh Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung sudah cukup baik dalam perencanaan kebutuhan pegawai yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, pola mutasi internal, penataan kinerja individu, penegakan aturan disiplin/ kode etik/ kode perilaku, sistem informasi kepegawaian, untuk Pengembangan pegawai berbasis kompetensi yang belum dapat berjalan secara optimal dengan melihat faktor yang menjadi penghambat diharapkan akan dapat berjalan dengan optimal sehingga Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung dapat memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.


Keywords


Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mewujudkan Pembangunan Zona Integritas

Full Text:

PDF

References


Amelia, Anika., Manurung, Khoirul Ardani dan Purnomo, Muhammad Daffa Baihaqi. (2022). Peranan Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Organisasi. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama, 21(2), 1–11.

Amrullah, Rinaldy., Linda, Rosa., Shafira, Maya dan Riani, Septi. (2020). Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Dan Bebas Melayani Di Desa Batang Hari Ogan Lampung.

Barusman, Andala Rama Putra and Mihdar, Fauzi. (2014). The effect of job satisfaction and organizational justice on organizational citizenship behavior with organization commitment as the moderator. International Journal of Humanities and Social Science, 4(9), 118-126. International Journal of Humanities and Social Science, 4(9), 118–126.

Elpinar., Indriastuti, Diah dan Susanti, Risqi Wahyu. (2019). Hubungan dukungan emosional keluarga dan kebutuhan spiritual dengan tingkat stres narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Kendiri. Jurnal Keperawatan, 3(2), 1–9.

Fadli, Muhamamad Rizal. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Gani, Yopik. (2019). Implementasi Pembangunan Zona Integritas dalam Pelayanan Publik Polri. Jurnal Ilmu Kepolisian, 13(2), 138–147.

Jazuli, Ahnad. (2021). Manusia Dalam Pembangunan Zona Integritas Berkelanjutan ( Commitment Agent Of Change Ministry Of Law And Human Rights In Development Of Sustainable Integrity Zone ). 415–430.

Julia, Hapsari., Purnaweni, Hartuti dan Priyadi, Budi Puspo. (2019). Implementasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Di BBWS Pemali Juana Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1, 25–42.

Meidina, Herrisya Puja. (2021). Analisis Citra Mengenai Pembangunan Zona Integritas. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(2), 124–139.

Setiani, Baik. (2013). Dalam Proses Rekrutmen Tenaga Kerja Di Perusahaan. Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(1), 41.

Ansyar dan Abdulajid, Syawal. (2021). Pemenuhan Hak-Hak Khusus Narapidana Pemasyarakatan Perempuan Kelas Iii. 8, 74–84.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Suharyanto. (2022). Peran Pelatihan Dan Pengembangan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Kinerja Pegawai Sebagai Variabel Mediasi Pada Asn Di Provinsi Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 792–805.

Situmorang, H Victorio. (2019). Lembaga pemasyrakatan sebagai bagian dari penegakan hukum (Correctional Institution as Part of Law Enforcement). Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 13(1), 85–98.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub