Analisis Determinan Customer Retention Pada Coffee Shop Di Bandung

Marceilla Suryana, Risal Risal

Abstract


Penelitian ini tujuannya adalah untuk menganalisis serta untuk mengetahui adakah pengaruh branding, store atmosphere dan customer experience terhadap customer retention pada lima coffee shop di Bandung. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden pengunjung coffee shop. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan alat analisis SPSS dan e-views.

Hasil dari penelitian ini antara lain; variabel branding berpengaruh signifikan terhadap customer retention, store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap customer retention, customer experience berpengaruh signifikan terhadap customer retention, dan branding, store atmosphere, dan customer experience berpengaruh bersama-sama terhadap customer retention. Kesempatan bisnis yang ada harus direspon oleh manajemen gerai kopi untuk menghadirkan lebih lagi produk-produk derivatif dan menarik untuk meningkatkann minat pembeli atau konsumen. Sebagian gerai kopi cenderung tidak mempunyai aroma yang khas. Aroma yang khas dan baik akan meningkatkan probabilitas pelanggan untuk datang kembali, disarankan untuk perusahaan mempunyai, memilih, dan konsisten dalam menggunakan sumber-sumber aroma baik dan berkualitas demi kenyamanan pelanggan. Gerai kopi seharunya lebih meningkatkan faktor pelayanan dan kualitas produk untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehinga tidak kehilangan bisnis dari pelanggan.


Keywords


Branding, Customer Experience, Store Atmosphere, Retention

Full Text:

PDF

References


Afifah, Nazlla Puteri dan Abrian, Youmil. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Pada Coffe Shop V-COFFEE di Kota Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(2), 143–149.

Amelia, Ratih dan Ayani, Selfitrida. (2020). Optimalisasi Membangun Brand Image Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Value Dan Customer Retention Sebagai Variabel Intervening. Ekonomi Bisnis, 26(1), 268–279.

Annan, Saher Al., Haidoura, Hani., shatila, Khodor and Alozian, Marina. (2020). The Impact of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction and Retention: The Sase Lebanon. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(6), 6099–6119.

Azzuhri, Misbahuddin dan Tanjung, Andre Damarizal. (1970). Interior Design At Coffee Shop As a Factor Influencing Customer Retention and Mediating Role of Perceived Customer Satisfaction. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 6(2), 43–54.

Bakar, Abu. (2010). Analisis Pengaruh Ccustomer Satisfaction, Switching Cost, dan Trust in Brand Terhadap Customer Retention (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler Prabayar simpati Wilayah Semarang)., 22(2), 178–189.

Barusman, Andala Rama Putra dan Yoshua, Yoshua. (2014). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bubur Gabe Bandung. Jurnal Manjemen Dan Bisnis, 4(2).

Barusman, Andala Rama Putra and Rulian, Evelin Putri. (2020). Customer satisfaction and retention and its impact on turism in hotel industry. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25(Extra1), 117–126.

Derry, Aloysius. (2021). Rencana Bisnis “Indonesian’s Coffee Shop.” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 112.

Dewi, Intan Audrey Indira dan Laksmidewi, Dwinita. (2015). Pengaruh Customer Experiences Terhadap Revisit Intention Dengan Mediasi Learning in Museum Dan Visitor Satisfaction Di Museum Wayang. Jurnal Manajemen, 12(2), 160–178.

Elmasri, Ramez. (2017). Data Definition. Encyclopedia of Database Systems, 1–2.

Febriani, Ni Made AyuIntan and Ardani, I. G. A. Ketut Sri. (2021). Open Access The Influence of Customer Experience , Ease of Use , and Trust on Repurchase Intention ( Case Study of Tokopedia Consumers in Denpasar ). American Journal of Humanities and Social Sciences , 2, 378–383.

Hussain, Riaz and Ali, Mazhar. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, 7(2), 35-43.

Klaus, Philipp and Maklan, Stan. (2013). Towards a better measure of customer experience. International Journal of Market Research, 55(2), 227–246.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. 15th edition. New Jersey: Prentice.

Listiono,Florencia Irena Sari dan Sugiarto, Sugiono. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Dengankepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Libreria Eaterysurabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–9.

Ramadhan, dan Rosyad, Udung Noor. (2021). Strategi Branding Kopi Kewadanan dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 15–21.

Restuputra, made Dio Prakasa dan Rahanatha, Gede Bayu. (2020). Promosi Penjualan, Store Atmosphere, Dan Brand Image Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3019.

Ridwan, Muhammad dan Hanafiah, Hafidz. (2021). Analysis of Coffee Shop Marketing Strategy Om Bewok: Analisis Strategi Pemasaran Kedai Kopi Om Bewok. Indonesian Journal of Economy, Business, 1(3), 274–283.

Savira, Yuanita dan Putro, tanto Askriyandoko. (2020). Pengaruh Store Atmosphere ( Suasana Toko ) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Bangunan UD Triputra Selaras. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 5(1), 81–93.

Soelaiman, Lydiawati dan Winata, Cynthia Liusca. (2019). Penyusunan Rencana Bisnis Sebagai Langkah Pengembangan Usaha Coffee Shop. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2017, 45–55.

Stocchi, L., Hart, C., and Haji, I. (2016). Understanding the Town Centre Customer Experience (TCCE). Journal of Marketing Management, 32(17–18), 1562–1587.

Thompson, Chraig J., Rindfleisch, Aric and Arsel, Zeynep. (2006). Emotional and the Branding Value of the Doppelganger Strategic Brand. Journal of Marketing, 70(1), 50–64.

Tresna,Pratami Wulan., Herawati, Tetty and Dai, Ratna Maeisa. (2021). The Influence of Customer Experience on Repurchase Intention to Shopee Application Users. 10(2), 94–102.

Utami, Setyaningsih Sri. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis Setyaningsih Sri Utami Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Akuntasi Dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1), 61–67.

Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner and Dwayne D. Gremler. (2018). Services Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm. 7th edition. New York: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub