Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan terhadap Minat Menabung dengan Mediasi Kepercayaan Nasabah (Studi Kasus pada Nasabah Tabungan Perencanaan Masa Depan (Tapenas) PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. KCP Bandar Lampung)

Dwi Yutika Maria, Bambang Sumbogo, Reffi Afriansyah, Andala Rama Putra Barusman, Tri Lestira Putri Warganegara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap minat menabung dengan mediasi kepercayaan nasabah BNI KCP Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 175 responden nasabah produk Tapenas Bank BNI. Penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM), melalui program AMOS (Analysis of Moment Structure).

Hasil dari penelitian ini antara lain; promosi berpengaruh positif dan signifikan, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung melalui kepercayaan, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung melalui kepercayaan, dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung melalui kepercayaan nasabah Tapenas Bank BNI KCP Bandar Lampung.


Keywords


Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Minat Menabung, Promosi

Full Text:

PDF

References


Ananda, Angelina., Mugiono and Hussein, Ananda Sabil (2021). The influence of store image on repurchase intention: the mediation role of perceived value and customer satisfaction. International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478), 10(4), 17-27.

Astuti, Tri dan Mustikawati, R. Indah. (2013). Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1).

Aziz, Nazaruddin dan Hendrastyo, Vito Shiga. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Cabang Ulak Karang Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 227.

Barusman, Andalam Rama Putra. (2019). The Impact of 7p’s (Marketing Mix) on Student Parents’ Decision at School for Disable Students with Special Needs. Journal of Business and Management, 21(5), 22–28.

Barusman, Tina Miniawati., Barusman, Andala Rama Putra., Barusman, Muhammad Yusuf Sulfarano and Redaputri, Appin Purisky. (2021). Antecedent of Tourists ’ Behavioral Intentions and the Effect of Travel Companions as Moderating Variable on Nature Based Tourism. Linguistica Antverpiensia. 3, 796–818.

Budiman, Fajar. (2021). Pengaruh Budaya Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Journal Islamic Banking and Finance, 1(1), 49–58.

Cahyani, Asih Fitri., Saryadi Dan Nurseto, Sendhang. (2013). Pengaruh Persepsi Bunga Bank Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung. Diponegoro Journal Of Social And Politic Tahun 2013, Hal. 1-8.

Daga, Rosnaini. (2019). The Influence Of Quality Product To Value Of Customer And Customer Satisfaction Recycle Product In Makassar. Advance in Economics, Business and Management Research, Volume 75, 159-162.

Darmawan, Akhmad., Indahsari, Ninik Dewi., Rejeki, Sri., Aris, Muhammad Rizqie dan Yasin, Roqi. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 43–52.

Deptiani, Nita. (2018). Strategi Pemasaran Kredit Bni Griya Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang. Tugas Akhir Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mencapai Derajat Ahli Madya Ekonomi, 192(4), 121–130.

Fadillah, Siti nur Fadillah., Barusman, Andala Rama Putra dan Alam, Iskandar Ali. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Telkomsel Pada Merek Kartu As Di Bandar Lampung. Visionist, 8(2).

Gaberamos, Orlando and Pasaribu, Lamhot Henry (2022). The Effect Of Information Quality , Customer Experience , Price , And Service Quality On Purchase Intention By Using Customer Perceived Value As Mediation Variables ( Study On Gofood Applications On The Millenial Generation ). Jurnal Mantik. 5(36), 2470–2480.

Handani, Sitaresmi Wahyu., Wahyudi, Rizi., Carmelina, Rina dan Indartono, Kuat. (2017). Analisis Minat Menabung Masyarakat Terhadap Tabungan Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bukittinggi. Pro Bisnis, 10(Vol 10, No 1: Februari (2017)), 52–64.

Hartono, Sri. (2022). The Influence of Product Quality , Brand Image and Promotion on Financing Decision with Customer Interest as Mediating Variable. Journal of Consumer Science, 7, 20–33.

Hidayat, Rachmad (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 59–72.

Imran., Hendrawan, Bambang. (2017). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang. 1(2), 209–218.

Kartikasari, Atika. (2020). The Influence of Product Quality , Service Quality and Price on Customer The Influence of Product Quality , Service Quality and Price on Customer Satisfaction and Loyalty. March.

Lee, Jeoung Hak., Kim, Hyun Duck ., Ko, Yong and dan Sagas, Michael. (2011). The influence of service quality on satisfaction and intention: A gender segmentation strategy. Sport Management Review, 14(1), 54–63.

Lestari, Ainuk Tria dan Iskandar, Khalid. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Bank BTN Cabang Tegal. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 1–9.

Lie, Darwin., Sudirman, Acia and Butarbutar, Marisi. (2019). Analysis of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality , Price and Consumer Trust On Consumer Loyalty. 8(08).

Majhaf, Sitti Aisya. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 16–33.

Munte, Yuni Syara., Ginting, Paham and Karina, F. Sembiring Beby. (2022). The Influence of Trust and Sales Promotion on Repurchase Intention Through Consumer Satisfaction in Doing Online Shopping in Medan City. International Journal of Research and Review, 9(8), 318–337.

Pratama, Rendy Budi Dan Magnadi, Rizal Hari. (2017). Analisis Pengaruh Promosi Dan Presepsi Keamanan terhadap Kepercayaan Serta Implikasinya Terhadap Minat Beli Di E-Commerce (Studi Pada Pengguna Blibli. Com).. 6, 1–11.

Rahim, Abdul, Rahman., Mappatompo, Andi and Simiati (2022). Impact Of Service Quality And Product Quality On Customer Loyalty And Its Impact On Repeats Order At Astra Credit Companies Makassar Branch. Enrichment : Journal of Management ,12(4).

Ratama, Vian Deka., Haninun., Patmarina, Hepiana., Soedarsa, Herry Goenawan dan Barusman, Tina Miniawati .(2022). Pengaruh Risiko Keuangan Dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 13(8.5.2017), 2003–2005.

Rediyasa, I. Wayan ., Utama, I Putu., Adnyana, I Made Ramia dan Kencana, I. Eka Nila. (2022). Peran Mediasi Kepercayaan pada Kausalitas Promosi dan Citra Merek dengan Loyalitas. Journal Bisnis Hospitality, 11(1), 15–24.

Sembada, Iqbal Varian., Bustman dan Hotimah, Enur. (2022). Pengaruh Promosi dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Lyfira Hijab Dimediasi oleh Kepercayaan. EKOMABIS: Journal Bisnis Hospitality, 3(01), 21–30.

Siregar, Liesma Maywarni. (2019). Analisis Kepuasan Kerja Dan Kualitas Pelayanan. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 89–99.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Suhardi, Gunarto. (2005). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Dan Loyalitas Nasabah Perbankan Di Surabaya. 9(2), 1–11.

Supiani, Supiani., Rahmat, Fawza dan Budiman,Faja1). Pengaruh Budaya Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Kinerja, (202. 1(1), 49–58.

Trisnadi, Dedy. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung Kembali Di Cimb Niaga (Studi Kasus Pt Bank Cimb Niaga Tbk Bintaro). Jurnal MIX, III(3), 373–383.

Wicaksono, Bayu dan Haryadi, Bambang. (2022). Deteksi Kecurangan Laporan Keuangan Dan Upaya Penanganannya Pada Bank Perkreditan Rakyat. InFestasi, 17(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub