Pengaruh E-Commerce, Product Review dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Terhadap Masyarakat di Kampung Way Agung, Kabupaten Way Kanan)

Dini Wijayanti, Suhaimi Suhaimi, Nabilla Nur Arifin, Tina Miniawati Barusman, Wenny Permata Sari

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-commerce, product review dan influencer marketing baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian masyarakat Kampung Way Agung melalui Marketplace Shopee. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kausal dengan metode penelitian menggunakan penelitian survei dengan pendekatan statistik. Analisis data statistik menggunakan regresi linier dengan Program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel e- commerce, product review dan influencer secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui Marketplace Shopee. Saran yang dapat dikemukakan hendaknya konsumen berhati-hati untuk memilih penjual/seller, hendaknya masyarakat membaca dengan teliti mengenai rekomendasi yang diulas oleh konsumen yang telah membeli produk, hendaknya konsumen harus bijak menyikapi apakah produk yang dipromosikan influencer sesuai dengan kebutuhan.


Keywords


E-Commerce, Product Review, Influencer, Keputusan Pembelian, Shopee

Full Text:

PDF

References


Barusman, Andala Rama Putra and Suwandi, Felicia. (2020). The Impact of Lifestyle, Social Media Marketing, and Influencer Marketing on Purchase Decision for Ayam Geprek Culinary Business. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, (Vol. 24, Issue 9, pp. 2854–2860).

Fachriyan, Hilmi Arija dan Wijaya, I Putu Eka. (2019). Aplikasi Model E-Marketplace Dalam E-Agribusiness. Mediagro, 14(01), 12–24. https://doi.org/10.31942/md.v14i01.2614

Ferdiana Fasha, Anisa., Rezqi Robi, Muhammad dan Windasari, Shindy. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Halim, Ardiansyah dan Tyra, Mar Josephine .(2021). Pengaruh Online Consumer Review Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Marketplace Shopee. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(1), 99. https://doi.org/10.31315/be.v18i1.5630

Harahap, Dedi Ansari. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Kusuma, T. M dan Hermawan, Dadang. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 176–180.

Noviani, Sheren Regina dan Siswanto, Tito. (2022). Pengaruh Online Consumer Review, Rating, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Milenial Marketplace Shopee Di Jakarta Selatan. Jurnal Inovasi Manajemen & Bisnis (JIMB), 1(1), 17–28. http://ojs.itb ad.ac.id/index.php/JIMB/article/view/1698/374

Arifah, Fatimah Nur. (2015). “Transformasi Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek” (Stmik Bina Patria) Analisis Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Dalam Bisnis Online. Jurnal Transformasi, 11(2), 143–149.

Ramadan, Fitria., Muchtar dan Hafid, Haeruddin (2021). Pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace. Forum Ekonomi, 23(3), 405–412. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/Forumekonomi

Rehatalanit. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5(0), 62–69. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764

Mahendra, Sonie dan Edastama, Primasatria. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Rating Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Casual Pada Marketplace. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 21–28. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Wirapraja, Alexander dan Aribowo, Handy. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 7(1), 66–72. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.86




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub