MENINGKATKAN GREEN PURCHASE INTENTION MELALUI KOMPONEN GREEN MARKETING MIX

Sri Rahayu, Buchori Buchori, Evi Novitasari

Abstract


Industri pariwisata mengalami perkembangan sangat pesat dewasa ini. Adanya pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada jumlah pengunjung ke tempat wisata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh green product, green promotion, dan green price terhadap niat berkunjung ke Pantai Kerang Mas Lampung Timur. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pengunjung obyek wisata Pantai Kerang Mas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sedangkan teknik pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner online, mengunakan piranti lunak googleform. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling/SEM AMOS Versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa green product, promotion, dan price tidak berpengaruh purchase intention (niat berkunjung). Hal tersebut menunjukan bahwa peningkatan green product, promotion, dan price tidak selalu mampu meningkatkan niat berkunjung. BUMDES sebagai pengelola obyek wisata Pantai Kerang Mas harus mencari strategi pemasaran lain selain green marketing mix guna meningkatkan niat berkunjung. Bagi akademisi penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian di masa depan, dengan menguji kembali model penelitian ini dan menambahkan variabel lain yang relevan.


Keywords


Green Product; Green Promotion; Green Price; dan Green Purchse Intention

Full Text:

PDF

References


Albino, V., Balice, A., & Dangelico, R. M. (2009). Environmental strategies and green product development: an overview on sustainability‐driven companies. Business strategy and the environment, 18(2), 83-96.

Barusman, Andala Rama Putra, Rulian, Evelin Putri and Santoso. (2019). The Antecedent of Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Retention in Tourism as Hospitality Industry. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 28, No. 8s, pp. 322-330

Barusman, Andala Rama Putra, Suwandi, Felicia. (2020). The Impact of Lifestyle, Social Media Marketing, and Influencer Marketing on Purcase Decision for Ayam Geprek Culinary Business. International Journal of Psychosocial Rehabilition, Vol. 24, Issue 09, pp 2854-2860.

Cahyanti, M. M., & Iliyawati, W. Z. (2018, October). Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keberlanjutan (Sustainability) Kampung Wisata. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (Vol. 1, No. 1, pp. 51-60).

Darmawati, L. E. S. (2018). Wisata Hijau Dan Kepuasan Wisatawan. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(1), 46-56.

Deshpande, N. M. (2011). A conceptual framework on green marketing–a tool for sustainable development. International Journal of Sales and Marketing Management, 1(1), 1-16.

Farradia, Y., Mora, M., Kusumawati, I., & Widodo, W. (2021). The Influence Of Green Marketing Mix On Green Purchase Intention In Using Eco-Friendly Products. International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship, 1(3), 177-285.

Febriani, S. (2019). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Green Product Purchase Intention Pada Produk Innisfree Di Jakarta Dengan Consumer’s Attitude Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 3(1).

Hayat, K., Nadeem, A., & Jan, S. (2019). The impact of green marketing mix on green buying behavior:(a case of Khyber Pakhtunkhwa evidence from the customers). City University Research Journal, 9(1), 27-40.

Hutasoit, N., Harlen, H., & Harahap, A. (2017). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Jumlah Hunian Hotel terhadap Penerimaan Sub Sektor PDRB Industri Pariwisata di Provinsi Sumatera Utara Tahun2004-2013 (Doctoral dissertation, Riau University).

Kartawinata, B. R., Maharani, D., Pradana, M., & Amani, H. M. (2020, August). The role of customer attitude in mediating the effect of green marketing mix on green product purchase intention in love beauty and planet products in indonesia. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 1, pp. 3023-3033).

Karunarathna, A. K. P., Bandara, V. K., Silva, A. S. T., & De Mel, W. D. H. (2020). Impact of Green Marketing Mix on Customers’ Green Purchasing Intention with Special Reference to Sri Lankan Supermarkets

Khan, S., Edwin, C. A., Ahmad, A., & Shah, A. (2020). The Impact Of Green Marketing Mix On Consumer Purchase Intention.

Kotler, P., & Caslione, J. A. (2009). How marketers can respond to recession and turbulence. Journal of Customer Behaviour, 8(2), 187-191.

Libriyanto, F. (2017). Marketing Komunikasi Wisata Pantai Nglambor. Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/51740/3/naskah publikasi-fix.pdf

MSP, A. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Domestik ke Pantai Parangtritis. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(8), 151-158.

Mahmudah, C. (2019). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Minat Berwisata dan Implikasinya terhadap Keinginan Untuk Berkunjung Ulang Pada Objek Wisata Pantai Gemah Tulungagung (Studi Pada Mahasiswa Stkip Pgri Tulungagung). Indonesian Journal of Strategic Management, 2(2).

Pemayun, T. I. I., Suryawardani, I. G. A. O., & Wiranatha, A. A. P. A. S. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Citra dan Keputusan Menginap Wisatawan Di Hotel Bagus Jati, Ubud.

Polonsky, M. J. (2011). Transformative green marketing: Impediments and opportunities. Journal of business research, 64(12), 1311-1319.

Pushpanathan, A., & Dhananjani Silva, N. K. (2020). Green marketing mix and customer purchase intention: evidence from tourist hotel.

QD, (2021). Pantai Kerang Mas Tiket & Ragam Aktivitas. Retrieved from https://travelspromo.com/htm-wisata/pantai-kerang-mas/. diakses pada tanggal 21 Maret 2022, Pukul 11.48 WIB.

Qhasmal, Qhadumi (2020). https://kupastuntas.co/2020/04/15/ diakses pada pukul 12.13 tanggal 21 Maret 2022.

Rashid, N. R. N. A. (2009). Awareness of eco-label in Malaysia’s green marketing initiative. International journal of business and management, 4(8), 132-141.

Ritsma, N., Hummel, J., & Gyeltshen, P. (2010). Tourism and payments for environmental services: The outlook for a stronger business case to develop rural tourism in Bhutan. In Mountain Forum Bulletin (Vol. 10, No. 1, pp. 34-37).

Sekaran, U. dan Roger Bougie. 2013. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach.

Shil P (2012). Evolution and future of environmental marketing. Asia Pacific Journal Of Marketing and Management Review, 1(3): 74- 81

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Y., Yusr, M. M., & Ismail, K. A. (2017). The Influence of Marketing Mix and Perceived Risk Factors on Online Purchase Intention. International Journal of Research in Business Studies and Management, 4(9), 30




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i1.2549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub