ANALISIS STRATEGI MITIGASI KENAIKAN HARGA KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN TAHU DAN TEMPE DI TENGAN PANDEMI COVID-19

Sarfilianty Anggraini, Irawan Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak kenaikan harga kedelai terhadap kesejahteraan dan Strategi penyesuaian apa yang dilakukan oleh pengusaha tahu tempe untuk mempertahankan usahanya. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana penelitian ini meneliti beberapa  obyek  diantaranya  usaha tahu tempe Kelurahan Gunung Sulah Kecamatan Sukarame Kota BandarLampung dan  kondisi alamiah di beberapa obyek lingkungan tempat usaha yang dapat mendukung peneliti dalam mendapatkan data yang valid. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) analisis usaha untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan usaha, (2) analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan usaha, (3) matriks SWOT untuk merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha, dan (4) matriks QSP untuk menentukan prioritas strategi pengembangan usaha. Dari hasil penelitian diketahui bahwa : Kekuatan utama dalam mengembangkan usaha tempe yaitu kualitas dan kuantitas tempe di Kelurahan Gunung Sulah Kecamatan Sukarame Kota BandarLampung yang bagus, usaha mudah dan resiko usaha yang kecil. Sedangkan kelemahan utamanya yaitu kecilnya modal dan sumber daya manusia yang lemah. Peluang dalam mengembangkan usaha tempe yaitu diversifikasi dan perkembangan teknologi pengolahan pangan. Sedangkan ancamannya yaitu kenaikan harga sembako dan adanya tempe dari daerah lain; Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha tempe di Kelurahan Gunung Sulah Kecamatan Sukarame Kota BandarLampung yaitu perbaikan sarana dan prasarana produksi, dan sumberdaya manusia serta penanaman modal swasta dengan dukungan dari pemerintah; Meningkatkan dan mempertahankan kualitas dan kuantitas tempe serta efisiensi penggunaan sarana dan prasarana produksi; Meningkatkan kualitas sumber daya pengusaha secara teknis, moral dan spiritual melalui kegiatan pembinaan untuk memaksimalkan produksi dan daya saing tempe; Prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha tempe di Kelurahan Gunung Sulah Kecamatan Sukarame Kota BandarLampung adalah perbaikan sarana dan prasarana produksi, dan sumberdaya manusia serta penanaman modal swasta dengan dukungan dari pemerintah.


Keywords


Biaya, Pendapatan dan Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2008. Kedelai Lokal Lebih Baik Dari Pada Kedelai Impor. Nasional.Kompas.(2008).

Apretty,(2000) Dampak Krisis Ekonomi Kecil.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arifin Anwar,(1984)Strategi Komunikasi: Suatu Pengantar

Coelli Rao,Battese. (1998) An introduction to efficiency and productivity analisis is boston.

David Hunger dan Thomas L Whele,Manajemen Strategi, (Yogyakarta : Andi, 2003). Griffin.

Hadi Purnomo, (2000)Dampak Kebijakan Produksi dan Perdagangan terhadap Permintaandan Penawaran Kedelai di Indonesia.Tesis.Institut Pertanian Bogor.

Jonn P Slette, Ibnu E Wiyono, (2012), ImpactofSoybean Price Rally on Indonesian SoyBusiness, Report: Global AgriculturalInformation Network-USDA ForeignAgricultural Service, Journal ofAgricultural Economics, 55(3):pp.581-611.

Latifah, F.N. (2006) Dampak Kenaikan Harga BBM Terhadap Pendapatan UsahaPengrajin Tempe (Kasus Pada Anggota Koperasi Primer TahuTempe (Primkopti) Kelurahan Cilendek, Kota madya Bogor [skripsi].Institut Pertanian Bogor.Fakultas Pertanian. Bogor.

Purnamasari .(2006) Analisis Faktor-Faktor yangMempengaruhi Produksi dan ImporKedelai di Indonesia.Skripsi.InstitutPertanian Bogor. Bogor

Rangkuti,F. (2008). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Riyanti, BPD. 2003. Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian.Jakarta:Gramedi a Widiasarana Indonesia.

Suryana,(2003). Kewirausahaan: Pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses..Ed ke- 1.Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan Hari Purnomo, Manajemen strategi sebuah konsep pengantar, (Jakarta ekonomi universitas Indonesia,1996)

Tambunan,( 2009) Umkn di Indonesia , Ghalia Indonesia, Bogor.

Urata, (2009) Ekonomi Mikro. (dalam adiningsih 2009) Yogyakarta BPFE.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i1.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub