PENGARUH INSTAGRAM DAN TIK TOK SEBAGAI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN BRAND LOYALTY DI MASA PANDEMIK COVID-19 (Studi Kasus pada Geh Travel Serang Banten)

Nono Wibisono, Esti Andarini

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh instagram dan tik tok terhadap brand loyalty pada Geh Travel di masa pendemi covid-19, baik pengaruh secara partial maupun secara simulta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal, penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian kasualitas di sini untuk melihat pengaruh antar variabel bebas instagram (X1), tik tok (X2) terhadap variable terikat yaitu brand loyalty (Y) pada Geh Travel.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptef dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah follower dari akun sosial media milik Geh Travel yang sebagian besar adalah pelanggan Geh Travel, karena jumlah pupolasi yang besar dalam penelitian ini menggunakan sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah sebagian dari populasi dimana sampel diambil dengan menerapkan rumus slovin, hal ini dilakukan karena jumlah populasi yang sangat besar yaitu sejumlah 10.700 follower. Dari penarikan sampel menggunakan rumus slovin tersebut maka jumlah sampel penelitian ini sejumlah 88 orang. Jenis data dari penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebarkan secara online menggunakan google form kepada seluruh follower akun sosial media yang dimiliki Geh Travel. Hasil analisi regresi linear bergandanya adalah Y = -11,743 + 0,477X1 + 0,755X2  + µ. Koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0.927 yang berarti variabel X memberikan kontribusi sebesar  92,7%. Uji  t  media  sosial  Instagram dan Tik Tok terhadap  Brand  Loyalty,  dengan  taraf signifikansi 5% yaitu t1hitung = 4,592 dan p-value = 0,000/2 =  0,000 < 0,05 (uji pihak kanan), atau Ho ditolak yang bermakna penggunaan Instagram berpengaruh positif terhadap peningkatan brand loyalty. Sedangkan untuk , koefisien variabel X2 yaitu t2hitung = 9,123  dan p-value = 0,000/2 = 0,000 < 0,05 (uji pihak kanan) atau Ho ditolak yang juga bermakna bahwa penggunaan Tic Toc berpengaruh positif terhadap peningkatan brand loyalty. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan media sosial Instagram dan Tik Tok berpengaruh terhadap Brand Loyalty  pada  GEH Travel Serang Banten  terbukti  kebenarannya  dan  dapat diterima.


Keywords


Media Sosial, Instagram, Tik Tok, Brand Loyalty

Full Text:

PDF

References


Adrianto, R. (2018). Sikap Konsumen Terhadap Atribut Beras Organik. Parsimonia Jurnalekonomidanbisnis,4(3), 321-328.

Andriani, M., & Dwbunga, F. (2018). Faktor Pembentuk Brand Loyalty : Peran Self Concept Connection, Brand Love, Brand Trust Dan Brand Image (Telaah Pada Merek H&M Di Kota Dki Jakarta). Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2),157. Https://Doi.Org/10.23917/Benefit.V2i2.4285

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.

Barusman, Andala Rama Putra & Riorini, Vandayuli Sri. (2012). Zone of Tolerance Moderates Satisfacation Customer Trust and Inertia - Customer Loyalty in Commercial Bank.

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The effect of security, service quality operations and information management, reliability and trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping Website. International Journal Of Supply Chain Management Vol. 8, No: 6, pp 585-594.

Barusman, Andala Rama Putra & Virgawenda, Tina MB. (2019). Supply Chain Strategy and Service Recovery as an Antecedent of Customer Loyalty for Insurance Company. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol. 8, No.5, pp 285 293.

Hasan, Ali. (2013). Marketing Dan Kasus- Kasus Pilihan. Yogyakarta : Caps.

H Kodhyat, (2013). Sejarah Kepariwisataan & Perkembangan Indonesia .Jakarta: Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesi

Kotler, Philip Dan Kevine Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilidi.Indeks: Jakarta

Kurniawati, D., & Arifin , N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolik, Volume 1, No.2, September.

Nasrullah, Rully. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Lavoie, K. A. (2015). Instagram And Branding. Journal Of Undergraduate Research In Communication, Vol.6, No.2.

Nicole Lurie, M.D, Et All (2020) ‘New Engla Nd Journal’, Developing Covid-19 Vaccines At Pandemic Speed, 1, Pp. 19

Questibrilia, Bivisyani. (2019). Likuiditas : Pengertian, Jenis Dan Kegunaan Dalam Perusahaan. Https://Www.Jojonomic.Com/Blog/Likuiditas/ Diakses Pada 10 Juni 2020.

Ranchman, E. A., & Iskandar, B. P. (2015). Engagement Toword The Brand Account In Instagram Based On The Aisis Model. Jurnal Of Bussines Andmanagement, Vol.4 (8).

Rangkuti, Freddy. (2009). “Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication”. Jakarta : Pt.Gramedia Pustaka Utama.

Rizal, Veby Zilfania.(2014).Pengaruh Social Media Marketing Twitter Terhadap Terbentuknya Brand Image Restoran Burger Gaboh Pekanbaru. Universitas Riau.Hal: 17.

Sugiono. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika’sCatering Di Media Sosial. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102. Https://Doi.Org/10.24198/Prh.V3i1.15333

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2008). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Ejournal Widya Cipta, Vol.2, No.2 September P-Issn 2550-0805 E 2550-0791.

Uzunian S. (2013). Factors Affecting 'Internet Marketing' Campaigns With Reference To Viral And Permission Marketing. The Iup Journal Of Management Research. 9(1), 26-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i1.2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub