PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA STAF DAN GURU (Studi Kuantitatif pada SDN III Gunung Madu Kabupaten Lampung Tengah)

Yaumil Khoiriyah, Aulia Rahmawati, Hepiana Patmarina

Abstract


Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah organisasi baik organisasi dalam skala besar maupun kecil. Pada organisasi berskala besar, sumber daya manusia dipandang sebagai unsur yang sangat menentukan dalam proses pengembangan pendidikan, peran sumber daya manusia menjadi semakin penting. Perkembangan dunia pendidikan akan terealisasi apabila ditunjang oleh sumber daya manusia yang berkualitas.

Dalam organisasi pendidikan, dalam tenaga pengajar selalu tergantung pada pimpinan yang dalam hal ini ialah kepala sekolah. Bila pimpinan tidak memiliki kemampuan memimpin, maka tugas-tugas yang sangat kompleks tidak dapat dikerjakan dengan baik. Apabila pimpinan mampu melaksanakan fungsi-fungsinya dengan baik, sangat mungkin organisasi tersebut dapat mencapai sasarannya. Suatu organisasi membutuhkan pemimpin yang efektif, yang mempunyai kemampuan mempengaruhi perilaku anggotanya atau anak buahnya.  Jadi, seorang pemimpin atau  kepala suatu organisasi akan diakui sebagai seorang pemimpin apabila ia dapat memberi pengaruh dan mampu mengarahkan bawahannya ke arah tujuan organisasi.

Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah  untuk mengetahui, memahami dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap kinerja staf dan guru SDN III Gunung Madu Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan jumlah responden sebanyak 35 orang yang dianalisis secara deskriptif maupun inferensial.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja staf dan guru dengan kontribusi pengaruh sebesar 67,5%, terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja staf dan guru dengan kontribusi pengaruh sebesar 58,5%. Hasil uji secara bersama-sama juga terdapat pengaruh gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja staf dan guru dengan kontribusi pengaruh sebesar 72,4% dan 27,6% dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


Alam, Iskandar Ali & Monica, Lidya Tasya. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 5, No; 2

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bumi Aksara.

Artadi Febri Furqon, 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terahdap Terhadap Kinerja Karyawan PT. Merapi Agung Lestari. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Barusman, Andala Rama Putra & Riorini, Vandayuli Sri. 2012. Zone of Tolerance Moderates Satisfacation Customer Trust and Inertia - Customer Loyalty in Commercial Bank. internasional

Barusman, Andala Rama Putra, Rulian, Evelin Putri and Santoso. 2019. The Antecedent of Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Retention in Tourism as Hospitality Industry. International Journal of Advanced Science and Technology Vol. 28, No. 8s, pp. 322-330

Kusumayani. 2013. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru dan Komitmen Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Amlapura. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 tahun 2013).

Miftah,Toha. 2007. Kepemimpinan dalam Manajamen. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Oktaviannur, Moh, & Putra, Oky Alvian P. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Mateng Sari Makmur di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis.Vol, 6, No;2.

Rivai. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Ketiga. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Rizky Budi Hermawan. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan bagian Produksi PT. Garda Wahana Perkasa Surabaya.

Robbins, S.P. 2009, Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi, Aplikasi, Edisi Indonesia. Jakarta. Penerbit: PT. Prenhallindo

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan RAD. Bandung. Alfabeta

Supriyanto. 2008. Metodologi Riset Bisnis.Universitas Bandar Lampung.

Warganegara, Tri Lestira Putri. 2015. Peranan Kepuasan Kerja Dalam Mengendalikan Perilaku Prokrastinasi Melalui Loyalitas Pegawai Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 5, No, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v10i1.2033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub