PENGARUH PENGAWASAN, SARANA-PRASARANA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Syamsurizal Syamsurizal, Andala Rama Putra, Haninun Haninun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengawasan, sarana-prasarana dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 97 orang responden yang merupakan populasi pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bandar Lampung sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung  dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada para pegawai. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas  pengawasan (X1), sarana-prasarana (X2) dan kepuasan kerja (X3) terhadap variabel terikat (Y) yaitu Kinerja pegawai adalah analisis regresi linear berganda, dengan program SPSS 18.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 karena uji dua sisi maka 2,5% dan n = 97 diperoleh t tabel sebesar = 1,9858. Sedangkan  t hitung untuk pengawasan dilihat dari output olah data adalah 2,383 (t hitung > t tabel) maka berdasarkan uji t ini disimpulkan pengawasan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Kemudian pengujian terhadap sarana-prasarana, menunjukkan t hitung sebesar 7,482. Demikian juga pengujian terhadap kepuasan kerja, menunjukkan t hitung sebesar 2,084 (t hitung > t tabel) maka disimpulkan sarana-prasarana dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bandar Lampung.


Keywords


pengawasan; sarana-prasarana; kepuasan kerja; kinerja

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Barusman, Andala Rama Putra dan Mihdar, Fauzi. 2014. The Effect of Job Satisfacation and Organaziotiona Justice on Organizational Citizenship Behavior with Organization Commitment as the Moderator. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 4, No:9, pp 118-126

Artadi, Febri Furqon. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja karyawan pada PT. Merapi Agung Lestari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prihastuti, Endang Siswati dan Sisilia, Elvira. 2016 Influence of Motivation And Performance Work The Performance of Employees in Train Indonesia Company Tanjung Karang Bandar Lampung (A Case Study in The Commercial Employees). International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG)

Richard L. Hughes, Robert C. Ginnett, and Gordon J. Curphy. (2012). Leadership, Enhancing the Lessons of Experience, Alih Bahasa: Putri Izzati. Jakarta: Salemba Humanika.

Subakti Syaiin. 2008. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Klinik Spesialos Bestari Medan.

Maringan, Marsy. 2004. Dasar-dasar Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Warganegara, Tri Lestira Putri. 2015. Peranan Kepuasan Kerja Dalam Mengendalikan Perilaku Prokrastinasi Melalui Loyalitas Pegawai Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 5, No, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v7i2.1740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub