ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PADA AUTO 2000 WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

Andi Hartono, Iskandar Ali Alam, V. Saptarini V. Saptarini

Abstract


Kepuasaan pelanggan merupakan suatu tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang diterima setelah mengkomsumsi, menggunakan, atau mendapatkan produk atau jasa dengan harapan yang diinginkan dari konsumen sebelum menggunakan produk atau jasa tersebut.

Sebagai perusahaan mengetahui tingkat kepuasaan konsumen sangatlah penting, hal ini guna memperbaiki kekurangan yang ada dan mempertahankan serta meningkatkan yang telah ada agar konsumen mendapatkan apa yang menjadi harapanya.

Saat ini yang dilakukan oleh Auto2000 Way Halim untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan adalah melalui berbagai alat email,kotak saran crc serta three day follow up. Dari keempat alat diatas hanya dua yang sering digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasaan konsumen. Pertama adalah melaui CRC ( Custumer Relation Coordinator ) yang  merupakan bagian dari perusahaan yang di fokuskan dalam hal pelayanan custumer, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, mendengarkan masukan dari pelanggan serta pemberian solusi. Bagian kedua adalah melaui Three Days Follow Up yaitu merupakan alat yang kedua yang di gunakan untuk mengetahui tingkat ketidakpuasaan terhadap layanan yang diberikan. Maka penulis memutuskan untuk mengabil judul “Analisis Faktor – faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada Auto2000 Way halim Bandar Lampungpenulis ingin mengetahui Faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan metode IPA (Importance Performance Analysis), didapatkan nilai tingkat kesesuaian responden sebesar 100 %, menunjukkan bahwa kinerja bengkel AUTO2000 Wayhalim  terhadap 23 atribut kualitas pelayanan bengkel yang menentukan kepuasan pelanggan adalah memuaskan.

Berdasarkan hasil dari diagram kartesius atribut-atribut yang menentukan kepuasan pelanggan bengkel Auto2000 Wayhalim terletak pada kuadran A dan kuadran B yakni Kuadran A yakni 6 Atribut. Kuadran B 8 Atribut.


Keywords


Kepuasan Pelanggan, IPA (Importance Performance Analysis)

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alam, Iskandar Ali & Monica, Lidya Tasya. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 5, No; 2

Hadiwidjaja , Reymond Setiabudi. 2014. Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. Jurnal Strategi Pemasaran. Vol, 2, No: 2.

Kotler and Keller . 2009, Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta

Rambat Lupiyoadi dan Ridho Bramamulya. 2007. Praktikum Metode Riset Bisnis . Salemba empat : Jakarta

Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Mega, Selfia Alke. 2016. The Effect of Services Quality on Satisfaction of Visitors Tourism in Recreation Park Mutun Beach Lampung. International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG)

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen. Edisi Revisi. Andy: Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v7i2.1735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub