ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR TEKNOLOGI BLUE CORE DI BANDAR LAMPUNG

Yayan Fitri, M. Yusuf S. Barusman, Zaidirina Zaidrina

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa periklanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor berteknologi Blue Core. Kemudian promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor berteknologi Blue Core. Adapun variabel periklanan dan promosi penjualan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor berteknologi Blue Core. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa periklanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor teknologi Blue Core benar dan terbukti, kemudian, promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor teknologi Blue Core benar dan terbukti serta periklanan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor teknologi Blue Core benar dan terbukti. Adapun pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian berada pada tingkat pengaruh yang sedang. Adapun persentase pengaruh variabel periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 28,5%, sedangkan sisanya sebesar 71,5% keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kemudian implikasi yang dapat diberikan hendaknya Yamaha senantiasa lebih memperhatikan bentuk isi dan format iklan yang lebih dapat menarik minat konsumen, sehingga konsumen lebih tertarik untuk membeli produk Yamaha khususnya teknologi terbaru Blue Core. Penggunaan tokoh terkenal untuk menyampaikan isi pesan melalui iklan sebagaimana yang telah dilakukan oleh Yamaha selama ini dapat terus dilanjutkan karena hal ini cenderung didengar oleh calon pembeli. Selanjutnya PT Lautan Teduh Interniaga harus lebih mengintensifkan kegiatan promosi penjualan terutama melalui program potongan harga/cashback kepada para konsumen.


Keywords


Periklanan, keputusan pembeli

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Afif, Adi Zakaria, 2002, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid I, Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong Terjemahan Afif, 2004, Manajemen Pemasaran Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta.

Patmarina, Hepiana & Wiratama, M. Faqih. 2016. Analisis Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Motor Yamaha Mio M3 pada PT Langgeng Prima Mandiri di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 6, No; 2.

Riduwan, 2008, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Subing, Achmad & Saputra, Ferdinan Dwi. 2014. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Motor Merk Mio J CW FI pada PT. Bahana Pagar Alam di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No; 2.

Tjiptono, Fandy, 2005, Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Umar, Husein, 2005, Studi Kelayakan Bisnis, Teknik Menganalisa Kelayakan Rencana Bisnis Secara Komprehensif, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wulan, Sapmaya, Susanto, Fransisca. 2013. Hubungan Persepsi Konsumen Tentang Lokasi Usaha dengan Keputusan Pembelian pada UD Sinar Fajar Cabang Antasari di Bandar Lampung. Vol, 4, No; 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v7i1.1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub