ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PEMOHON PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS III NON TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI ) KALIANDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik tentang Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pemohon Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas III Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI ) Kalianda. Penelitian ini menggunakan sampel sebnyak 98 orang responden yang merupakan populasi pemohon paspor sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuisioner dan wawancara kepada para Pemohon Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas III Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI ) Kalianda. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X1) Kualitas Pelayanan, (X2) Keyakinan, (X3) Tarif, (X4) Proses dan terhadap kepuasan pemohon paspor variabel terikat (Y) yaitu kepuasan pemohon paspor adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari uji F atau F tes didapat F hitung sebesar 86.908 dan F tabel sebesar 3,25 dengan taraf kepercayaan 95% (0,05) dengan tingkat signifikan 0,000 karena propability jauh lebih kecil dari 0.05 maka keyakinan, tarif, proses berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pemohon Paspor. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan. Dengan demikian hipotesis: “Keyakinan, Tarif, Proses secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pemohon Paspor Kantor Imigrasi Kelas III Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kalianda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Angga Rahmat Dianto, 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Di The Body Art Fitness & Aerobic Surabaya, Jurnal Kes. Vol 2 No 2Tahun 2014 225-236
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian. Rineka Cipta. Jakarta
Barusman, Andala Rama Putra. 2014. Student Satisfaction as a Mediating Variable between Reputation, Image and Student Loyalty. Full Paper Proceeding ITMAR -2014, Vol. 1, 414-436.
Barusman, Andala Rama Putra, Riorini, Vandayuli Sri. 2012. Zone of Tolerance Moderates Satisfacation Customer Trust and Inertia - Customer Loyalty in Commercial Bank.
Fandy Tjiptono, 2012 ,Manajemen Jasa, Penerbit ANDI YOGYAKARTA Majalah Info Bisnis, Edisi maret-Tahun keVI-2002
Fitria Darmawanti, Sarwono, Abdul Wachid 2016. Persepsi Pemohon Paspor Terhadap Reformasi Layanan One Stop Service(Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas I Kota Malang Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 10, Hal. 1782-1786
Hasan, M. Iqbal, 2011. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, GhaliaIndonesia, Bogor
Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2004 tentang Hakikat Pelayanan Publik
Lukman, Sampara. 2010. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN.
Moenir, H.A.S. 2011. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.
Mukhtar dan Widodo, Erna. 2011. Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Avyrouz.
Moh.Nazir, 2012. Metode Penelitian. Cetakan keempat. Jakarta : Ghalia Indonesia
Drs. M.N. Nasution, M,Sc. Mei 2011, Manajemen Mutu Terpadu : TotalQuality Management, Cetakan Pertama. Pernerbit Ghalia Indonesia
Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rohman, Ahmad Ainur. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang: Program Sekolah Demokrasi.
Saefullah. H.A Djaja. 2012. Pemikiran Kontemporer Administrasi Publik Persfektif Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Era Desentralisasi. FISIP. UNPAD.
Setyaningsih Sri Utami, 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Mempergunakan Jasa Transportasi PT. Solo Central Taxi Di Surakarta Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Vol. 9, No. 1, April 2009 : 33 – 44
Sinambela, Lijan, Poltak, dkk, 2011, Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta Bandu
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v7i1.1727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visionist saat ini terindeks:
Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub