PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN TULANG BAWANG

Marzuki Noor, Muhammad Agung Syaputra, Iskandar Ali Alam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin terhadap kinerja pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 34 pegawai Dinas Sosial Kabupaten Tulang Bawang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 18.Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan AlphaCronbach, analisis regresi linear berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian, Uji T untuk mengetahui pengaruh secara parsial danUji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan atau keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, Motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dan disiplin berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Pada uji F atau uji simultan menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin berpengaruh positif secara simultan terhadap Kinerja Pegawai.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin, Kinerja.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alam, Iskandar Ali & Monica, Lidya Tasya. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 5, No; 2

Arikunto, Suharsimi.2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta. Budi

Mangkunegara. A.A. Anwar Prabu. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Patmarina, Hepiana & Wasilawati. 2014. Pengaruh Pengawasan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja dengan Mediasi Prestasi Kerja Koordinator Statistik Kecamatan (Study Kasus pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Tengah). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 5, No; 1.

Prihastuti, Endang Siswati dan Sisilia, Elvira. 2016 Influence of Motivation And Performance Work The Performance of Employees in Train Indonesia Company Tanjung Karang Bandar Lampung (A Case Study in The Commercial Employees). International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG).

Rivai Zainal, Veithzal dkk. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ridwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta. Thoha,




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v7i1.1725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub