PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERKEBUNAN KABUPATEN WAY KANAN

Arif Rahman, Andala Rama Putra, Iskandar Ali Alam

Abstract


Kedisiplinan merupakan fungsi operatif manajemen sumber daya manusia (MSDM) yang terpenting karena semakin baik disiplin pegawai, semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapainya. Tanpa disiplin pegawai yang baik sulit bagi organisasi organisasi untuk mencapai hasil yang optimal.

Metode yang digunakn yaitu Metode deskripsi adalah suatu metode dalam penelitian status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Penelitian ini juga merupakan penelitian kuantitatif adalah penelitian menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan hasilnya.

Adapun hasil penelitian yaitu bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin dengan kinerja pegawai di Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan, bahwa uji hipotesis secara parsial yakni dari uji t atau t tes didapat t hitung sebesar 10,642 lebih besar dari t tabel 2.028 yakni  dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Terdapat pengaruh antara lngkungan kerja dengan kinerja pegawai di Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan hal ini nampak pada hasil uji t atau t tes didapat t hitung sebesar 2,364 lebih besar dari t tabel 2.028 yakni  dengan tingkat signifikan sebesar 0,018. Dari uji-F atau pengujian secara simultan/keseluruhan, diperoleh nilai Fhitung adalah 56,851 lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel sebesar 3,26 Hiptesis Disiplin (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) pada Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan.

Adapun implikasi yaitu Sebaiknya Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan dapat lebih memprioritaskan budaya disiplin kepada para pegawai dengan membuat suatu peraturan yang tegas dan terukur guna meningkatkan kedisiplinan pegawai.


Keywords


Pengaruh Disiplin, lingkungan kerja, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alam, Iskandar Ali & Monica, Lidya Tasya. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 5,No; 2

Barusman, Andala Rama Putra dan Mihdar, Fauzi. 2014. The Effect of Job Satisfacation and Organaziotional Justice on Organizational Citizenship Behavior with Organization Commitment as the Moderator. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 4, No:9, pp 118-126.

Bernardin, H. John, & Russel, Joyce EA. 2003. Human resource management: An experimental approach.(International edition).

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nitisemito, Alex S, 2004. Manajemen Personalia Dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta : Mandar Maju

Hasibuan, Malayu S.P..2007.Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta

Prihastuti, Endang Siswati dan Sisilia, Elvira. 2016 Influence of Motivation And Performance Work The Performance of Employees in Train Indonesia Company Tanjung Karang Bandar Lampung (A Case Study in The Commercial Employees). International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG).

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatir dan R&D. Alfabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v7i1.1722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub