PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK DISTRIBUSI LAMPUNG

Nikolas Denis Andrian, Iskandar Ali Alam, Hendri Dunan

Abstract


PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung terus berupaya melakukan pengelolaan SDM secara baik terhadap jumlah SDM yang ada, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai agar perusahaan di dalam menjalankan usahanya dapat memenuhi kinerja perusahaan. Upaya perusahaan dalam memenuhi pencapaian kinerja perusahaan memiliki hubungan dengan peran sumber daya manusia khususnya tingkat kedisiplinan kerja pegawai. Selain disiplin kerja, motivasi kerja pegawai juga memiliki keterkaitan yang erat dalam  pencapaian kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja pada pegawai terhadap kinerja pegawai, mengetahui pengaruh motivasi kerja pada pegawai terhadap kinerja pegawai dan mengetahui pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai.

Hasil analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa disiplin dan motivasi kerja memberikan pengaruh terhadap kinerja pegawai secara simultan, sehingga penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan yaitu: 1) Disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai PT PLN (Persero) UID Lampung, 2) Motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai PT PLN (Persero) UID Lampung, 3) Disiplin dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai PT PLN (Persero) UID Lampung. Adapun implikasi yang diberikan oleh peneliti, yaitu: perlu adanya penerapan sanksi disiplin kerja yang lebih tegas terhadap pegawai yang melanggar, pemberian pelatihan motivasi kerja kepada pegawai , dan pemberian pendidikan dan pelatihan yang tepat sesuai kebutuhan jabatan pegawai.


Keywords


Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alam, Iskandar Ali & Monica, Lidya Tasya. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 5, No; 2

Habbiburahman, & Suwantara, Gede Agus. 2014. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) di Kabupaten Way Kanan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No; 2.

Hasibuan, Malayu S.P, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Rivai Dan Ella Sagala. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Rivai, Veithzal, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : dari Teori Ke Praktik, Edisi Pertama, Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Rezita, Riza. 2015. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPAD DIY).Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Romli, Khomsahrial, 2014, Komunikasi Organisasi Lengkap Edisi Revisi. Jakarta: Grasindo

Sutrisno, Edy, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Kencana

Warganegara, Tri Lestira P, 2016. The Influence of Leadership Style and Work Motivation Toward Employee Performance at Department of Communication and Information in Bandar Lampung City. International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v6i2.1713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub