Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung

Firdaus Aljihadi, Andala Rama Putra, V. Saptarini V. Saptarini

Abstract


Di era globalisasi saat ini, pemasaran merupakan hal yang sangat penting, mengingat banyaknya persaingan yang terjadi antara perusahaan- perusahaan yang bertarung merebut konsumen di setiap lini dan segmentasi konsumen yang ada di suatu wilayah penjualan. Di indonesia industri otomotif adalah industri yang memiliki potensi yang sangat baik, tingkat keinginan masyarakat untuk menaikkan prestise dapat dilakukan dengan kendaraan yang mereka gunakan. Banyaknya produk perusahaan transportasi yang menawarkan varian produk yang sama juga membuat persaingan semakin ketat. Konsep pemasaran menilai berhasilnya suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik, hal tersebut menandakan bahwa perusahaan telah memasuki era kompetisi.

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh mengetahui dimensi mana yang lebih berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian mobil oleh konsumen. Tipe penelitian adalah tipe penelitian survey, Populasi dalam penelitian adalah konsumen PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung, dalam penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel atau penelitian survey atau sensus sebanyak 30 orang. Analisis data menggunakan Analisis Regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bauran Pemasaran (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung. Standar bauran pemasaran dan kualitas pelayanan dapat memberikan keuntungan lebih bagi karyawan dan PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung . Hasil ini menunjukkan bahwa jika memperbaiki bauran pemasaran (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung. Artinya, dengan kinerja karyawan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian. Bauran Promosi dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung. Hasil ini menunjukan bahwa dengan meningkatkan bauran pemasaran dan memperbaiki kualitas pelayanan karyawan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga akan meningkatkan kepuasan konsumen yang dapat berpengaruh pada keputusan pembelian


Keywords


Bauran , kualitas, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul,Suharto. 2011. Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta. 270 Hlm

Auly, Junaidi, Ahmad. 2004. Telaah persepsi konsumen dalam pemasaran partai politik. Jurnal Ilmiah Entrepreneurship Vol. 2 No. 1 Hal.307-385 Bandar Lampung.

Bahri, Syamsul dan Zamzam, Fahkry. 2015. Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-AMOS. Deepublish, Yogyakarta. 149Hlm

Barusman, Andala Rama Putra, Yoshoa. 2014. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen di Bubur Gabe Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No, 2.

Chandra,H, Sitompul, D, Matondang, N. 2014. Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian semen A pada pelanggan korporasi pada pt. XXX medan.Jurnal Ilmiah Manajemen Volume 17, Nomor 1, Agustus. Magister Manajemen Universitas Bengkulu.

Ferdiansyah, R, Hadi, D, E, Anggrawati, Sularsih. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah pada pt. Bank mandiri tbk. Cabang bengkulu.Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 17. No. 4, Agustus. Program Magister Manajemen Universitas Bengkulu

P.Cannon Joseph, D.Perreault William, dan E.Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran dasar dengan pendekatan manajerial global. Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller. 2009. Marketing Management. Prehalindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller. 2011. Marketing Management Jilid 1 dan 2. Prehalindo, Jakarta.

Mega, Selfia Alke. 2016. The Effect of Services Quality on Satisfaction of Visitors Tourism in Recreation Park Mutun Beach Lampung. International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono,F dan Chandra,G. 2011. Service, Quality&Satisfaction. Penerbit Andi, Yogyakarta. 506 Hal




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v6i2.1711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub