ANALISIS HUBUNGAN KOMPETENSI DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA PROVINSI LAMPUNG

Azis Salam, Andala Rama Putra, Defrizal Defrizal

Abstract


Kompetensi pegawai adalah suatu untuk melaksanakan pekerjaan atau tugas yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut. Karakteristik individu adalah perilaku atau karakter yang ada pada diri seorang karyawan baik yang bersifat positif maupun negatif

Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kuantitatif. Metode deskripsi adalah suatu metode dalam penelitian status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang.

Adapun hasil penelitian yaitu ada hubungan yang signifikan antara Kompetensi (X1) dengan kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Lampung. Hal ini dapat dilihat dari uji T atau t tes didapat t hitung sebesar 8,035 lebih besar dari t tabel 2.011 yakni  dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Ada hubungan yang signifikan antara Karakteristik Individu (X2) dengan kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Lampung yakni dari uji T atau t tes didapat t hitung sebesar 2,477 lebih besar dari t tabel 2.011 dengan tingkat signifikan sebesar 0,016. Bahwa nilai koefisien regresi X1 lebih besar dari pada nilai koefisien regresi X2 hal ini menunjukkan bahwa kontribusi Kompetensi lebih dominan dibandingkan Karakteristik Individu dalam meningkatkan kinerja pegawai Kemudian jadi Uji F diketahui bahwa kompetensi dan Karakteristik Individu terhadap kinerja berhubungan signifikan secara bersama-sama.

Adapun implikasi yaitu hendaknya Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Lampung dapat lebih meningkatkan kompetensi dengan menambah diklat terhadap pegawainya, kemudian agar penempatan pegawai di suatu bidang kerja yang ada saat ini agar lebih diperhatikan berdasarkan kualifikasi pendidikan formalnya agar mempermudah pegawai untuk beradaptasi dengan tugas yang diembannya.


Keywords


Kompetensi, Karakteristik Individu, Kinerja Pegawai BPBD Provinsi Lampung

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Barusman, Andala Rama Putra dan Mihdar, Fauzi. 2014. The Effect of Job Satisfacation and Organaziotional Justice on Organizational Citizenship Behavior with Organization Commitment as the Moderator. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 4, No:9, pp 118-126.

Defrizal & Fardlani, Faris Mohammad. 2016. Analisis Pengaruh Kompensasi Manajemen Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 7, No; 1.

Hadari Nawawi, 2007. Organisasi dan Manajemen Dasar Peningkatan Produktivtas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hashim dan Wok. 2012. Competence, performance and trainability of older workers of higher educational institutions in Malaysia. Journal of Employee Relations. Vol. 36 Iss 1 pp.82-106

Pramudyo, Anung. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Dipekerjakan Pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Volume 1, Nomor 1. Yogyakarta. JBTI.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi, Jakarta, Salemba Empat

Ratna Handayati. 2016. Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank Jatim Cabang Lamongan, Volume I No. 2, Juni 2016 ISSN 2502 - 3764

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatir dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sutrisno Hadi, 2006. Analisis Regresi, Andi offset, Yogyakarta

Timple, 1992. Kinerja, PT.Gramedia, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v6i2.1709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub