PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DEMANG SEPULAU RAYA DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Adhitya Pratama, Andala Rama Putra B, M. Oktaviannur Oktaviannur

Abstract


Kurang tegasnya pemimpin dalam memberikan sanksi kepada karyawan yang tidak disiplin menyebabkan tingginya angka absensi karyawan yang berpengaruh terhadap menurunnya kualitas, kuantitas, dan target waktu produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini dibuktikan dari pengakuan beberapa karyawan yang sering merasa sungkan dan kurang nyaman apabila mereka ditunggui dan didampingi oleh pemimpin mereka ketika sedang bekerja. Tidak tegasnya pemimpin dalam memberi sanksi kepada karyawan yang tidak disiplin juga membuat beberapa dari karyawan merasa iri terhadap temannya yang tidak disiplin namun tidak diberi sanksi yang tegas oleh pemimpin sehingga menyebabkan karyawan lain juga ikut-ikutan untuk tidak disiplin dalam hal ini adalah tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas.

Analisa data menggunakan deskriptif statistik yang digunakan untuk menganalisa data secara kuantitatif, analisis regresi linier berganda yang selanjutnya dilakukan uji hipotesis F secara bersama-sama dan uji hipotesis t secara simultan terhadap ketiga variabel. Dan untuk mengukur tingkat pengaruh dan hubungan ketiga variabel tersebut digunakan uji koefisien penentu (KP).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, Motivasi Kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dan disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Pada Uji F atau uji simultan menunjukan bahwa Lingkungan kerja, Motivasi kerja dan Disiplin kerja berpengaruh positif secara simultan terhadap Kinerja Karyawan.

Implikasi 1. Untuk meningkatkan kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Demang sepulau raya suasana lingkungan kerja perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. 2. Kinerja Pegawai sangat diperlukan meningkatkan motivasi kerja dengan pemberian reward, peningkatan kesejahteraan, dan promosi jabatan pegawai itu. 3. Untuk meningkatkan kinerja perlu dilakukan disiplin kerja yang lebih baik. Dalam peningkatan disiplin perlu dilakukan punishment dan penertiban daftar kehadiran serta penilaian hasil kerja.


Keywords


Lingkungan Kerja;Motivasi Kerja; Disiplin Kerja; dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Barusman, Andala Rama Putra dan Mihdar, Fauzi. 2014. The Effect of Job Satisfacation and Organaziotional Justice on Organizational Citizenship Behavior with Organization Commitment as the Moderator. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 4, No:9, pp 118-126.

Martoyo. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT. BPFE.

Mathis, Robert L. dan Jackson, John H. (2002). Human Resource Management. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suntoyo, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Susilaningsih. (2008). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin, Motivasi, Pengawasan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonogiri). Jurnal Excellent.Vol. 1, No.2.Halaman 1-19.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja.Bandung: Mandar Maju. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja.Bandung: CV. Mandar Maju.

Sutrisno, 2013.Manajemen Sumber Daya Manusia,Edisi Pertama, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Wilson Bangun, (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Warganegara, Tri Lestira P, 2016. The Influence of Leadership Style and Work Motivation Toward Employee Performance at Department of Communication and Information in Bandar Lampung City. International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v6i2.1707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub