Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT.Ghalaz Sukses Perkasa Bandar Lampung

Wantoro Wantoro, Oktaviannur Oktaviannur, Habbiburahman Habbiburahman

Abstract


PT. Ghalaz Sukses Perkasa Bandar Lampung, dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan tentu tidak lepas dari faktor kepemimpinan dan motivasi kerja, namun fakta yang terjadi dilapangan, berdasarkan observasi penulis dan survey langsung dengan sejumlah karyawan menyatakan kepemimpinan yang diterapkan atasan kurang sesuai dengan yang mereka harapkan, hal ini dpat dilihat dari kesenjangan, hubungan yang kurang harmonis antara pimpinan dan bawahan.

Kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT.Ghalaz Sukses Perkasa Bandar Lampung

Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Metode penelitian deskriptif korelasional adalah suatu metode yang menjelaskan keterkaitan 2 (dua) variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dan kebenerannya menggunakan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil penilaian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Indikator Kebijakan pimpinan yang paling dominan tinggi dengan kategori “Baik” dan total 3,4 sedangkan indikator Penghargaan yang terkecil dengan kategori “Buruk” dan total 2,3.  Indikator Penghargaan dalam kategori Buruk artinya secara keseluruhan karyawan memiliki penilaian bahwa atasan jarang memberikan penghargaan terutama bagi karyawan yang berprestasi. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa masalah penghargaan perlu lebih ditingkatkan, karena pada dasarnya seorang karyawan akan lebih termotivasi kerja dalam melaksanakan pekerjaannya jika hasil kerjanya diakui dan dihargai oleh atasan.


Keywords


Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anwar, 1991, Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta, Gramedia

Alam, Iskandar Ali, Monica, Lidya Tasya. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 5, No; 2

Gibson, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta. PT Prenhalindo

Habbiburahman, & Suwantara, Gede Agus. 2014. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) di Kabupaten Way Kanan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No; 2.

Herujito, Y.M. 2005 .Leadership. PT Glora Aksara Pratama, Jakarta.

Matituna, 1993, Organisasi Perkantoran dan Motivasi. Bandung. Alumni

Oktaviannur, Moh, & Putra, Oky Alvian P. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Mateng Sari Makmur di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis.Vol, 6, No;2.

Suharsini Arikunto,2001, Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi, 1999, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Karya.

Tannebaum, 2002, Organisasi, kepemimpinan dan perilaku administrasi,. Jakarta, Ghalia Indonesia.

Terry, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1 .Jakarta.PT Indeks

Wahjosumidjo, 1992, Manajemen Sumber Daya Manusia .Jakarta. PT Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v6i1.1705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub