MODEL STRATEGI PENURUNAN TUNGGAKAN PT PLN (PERSERO) MELALUI PENDEKATAN SOFT SYSTEM METHODOLOGY

Gilang Permata Sari, M Yusuf S Barusman, V. Saptarini V. Saptarini

Abstract


Perkembangan gaya hidup masyarakat dalam segala bidang saat ini sangatlah pesat. Gaya hidup merupakan pola hidup seseorang didunia yang diungkapkan dalam  kegiatan, minat, dan pendapatan seseorang.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana dengan menggunakan pendekatan metodologi sistem lunak (soft system metodhology).  Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang lebih mengutamakan pada suatu proses, makna atau persepsi, dimana penelitian ini diharapkan dapat mengungkap berbagai informasi kualitatif dengan pendekatan sistem yang diteliti dan penuh makna.

Tunggakan rekening listrik terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor. Diantara nya faktor internal dan eksternal PLN.  Faktor internal PLN seperti aplikasi yang digunakan, kWh meter yang rusak dan juga kesiapan SDM dalam menghadapi pelanggan pada saat penagihan berpengaruh pada saat proses transformasi yang dilakukan untuk mengaplikasikan model konseptual.

Perubahan yang perlu dilakukan pada model konseptual yang sudah ada adalah dengan menerapkan sanksi yang lebih tegas lagi kepada pelanggan yang tidak berkenan membayar tagihan rekening listriknya. Contohnya, PLN dapat membuat MOU untuk mengatur pelanggan yang tidak membayar rekening listriknya.


Keywords


Penurunan Tunggakan, Soft System Methodology

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bungin, Burham, (ed).2003. ‘Focus Group Discussion untuk Analisis Data Kualitatif’dalam ‘Analisis Data Penelitian Kualitatif : Pemahaman Filosofis dan Metodologis Penguasaan Model Aplikasi, Penerbit Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.

Barusman, M Yusuf S. 2013. The Strategic Development Model Of Organizational Dynamic Capabilities At Private Higher Education Institutions Using Soft System Methodology. The First International Conference on Law, Business and Government 2013, UBL, Indonesia.

Checkland, Peter B. and Scholes, J.,1990, Soft System Methodology in Action, England : John Wiley & Sons Ltd.

Checkland, Peter B. ,1998, System Thinking, Systems Practice, England : John Wiley & Sons Ltd.

Khisty, C. Jotin, 1995, Soft System Methodology, as learning and Management Tool. Journal of Urban Planning and Development, Vol, 121. No. 3. September 1995.

Flood, Robert L. And Michael C Jackson, 1991. Creative Problem Solving: Total System Intervension, John Wiley and Sons, New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v6i1.1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub