PENGARUH JOB DESCRIPTION DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Khomsahrial Khomsahrial, Astrio Tritama, Habbiburahman Habbiburahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh job description terhadap kinerja pegawai, untuk menganalisis  pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai dan untuk menganalisis pengaruh job description dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Data penelitian  diperoleh dari studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan kuesioner. Pengisian kuesioner diukur melalui skala Likert.  Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi yang diolah dengan SPSS for Windows versi 17.Penelitian mengambil sampel sebesar 25 responden. Sampel diambil dengan metode sampel jenuh yaitu  dengan mengambil semua anggota populasi yang digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diperoleh persamaan Y  =0,398 + 0,161X1 + 0,454 X2, Motivasi Kerja (X2) menjadi faktor terbesar yang mempengaruhi kinerja pegawai dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,454. Dari penelitian ini diperoleh nilai R square sebesar 0,654, yang artinya seluruh variabel bebas yakni  job description dan motivasi kerja mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 65,4% terhadap variabel terikat yaitu kinerja pegawai, sedangkan 34,6% dipengaruhioleh faktor- faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Job Description berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja pegawai jadi hipotesis pertama diterima. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja pegawai jadi hipotesis kedua diterima.(3) Job Description dan Motivasi kerja secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Bina Marga Provinsi Lampung  Satuan Kerja Perangkat Daerah Paket Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Batas Provinsi  Sumsel- Sp. Empat.


Keywords


Job Description; Motivasi Kerja; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Habbiburahman, & Suwantara, Gede Agus. 2014. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) di Kabupaten Way Kanan. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No; 2.

Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Organisasi & Motivasi; Dasar Peningkatan

Hasibuan, Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.Komsahrial, Romli. 2014. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta : Grasindo,

Malayu S.P. Hasibuan. 2007. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah.Jakarta. Bumiaksara

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Stone, Raymond J. 2005. Human Resources Management; . Fifth Edition. Australia, Willey.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuisioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Cetakan Kedua. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta : Alfabeta

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v6i1.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub