Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Telkomsel Pada Merek Kartu As Di Bandar Lampung

Siti Nur Fadillah, Andala Rama Putra Barusman, Iskandar A Alam

Abstract


Kartu AS adalah salah satu product elekomunikasi seluler yang menawarkan pelayanan prabayar kepada pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia. Kartu AS memberikan pelayanan dengan Tarif paling murah dibandingkan produk Telkomsel lain. Teridentifikasi bahwa pangsa pasar menurun akibat persaingan yang datang dari PT. Indosat. Tbk, PT. XL Axiata. Tbk, dan PT. Hutchison Whampoa. Diduga juga penyebabnya adalah ada keluhan dari pelanggan yang merasa kurang puas atas pelayanan yang diberikan oleh Telkomsel Kartu AS. Kualitas pelayanan terbaik akan membuat pelanggan merasa puas sehingga menimbulkan perasaan loyal. Hal inilah yang mendasari penelitian ini untuk mengetahui tentang besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan Telkomsel Kartu AS di Bandar Lampung. Penelitian dilakukan dengan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan menaburkan sebanyak 100 kuesioner kepada responden berdasarkan strata pengguna di area Bandar Lampung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variable kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 39,4% dengan nilai signifikan sebesar 0.000. bahwa variable kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas sebesar 33,6%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pelanggan memandang kualitas pelayanan dalam kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan Telkomsel Kartu AS mendapat rata-rata skor jawaban 4 yang artinya setuju bahwa kondisi kualitas pelayanan Telkomsel Kartu AS saat ini sudah baik.

Keywords


Kartu AS;KualitasPelayanan; KepuasanPelanggan; dan Loyalitas.

Full Text:

PDF

References


Alam, Iskandar Ali & Effendi, Risky. 2013. Pengaruh Brand Image Produk Terhadap Kesetiaan Pelanggan

Pengguna Internet Modem Smartfren Connex di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4,

No; 1.

Barusman, Andala Rama Putra, Riorini, Vandayuli Sri. 2012. Zone of Tolerance Moderates Satisfacation

Customer Trust and Inertia - Customer Loyalty in Commercial Bank.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran Edisi. 13.

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I.

Parasuman, A.A. Zeithaml, V., and L. Berry, L.1995. “A conceptual Model of Service Quality and Its

Implications for future Research”. Journal of Marketing. Vol.49 (fall)

Philip Kotler. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1.

Philip Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2.

Mega, Selfia Alke. 2016. The Effect of Services Quality on Satisfaction of Visitors Tourism in Recreation Park

Mutun Beach Lampung. International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG)

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. Manajemen Kualitas Jasa.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v8i2.1697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub