Pengaruh e-Wom dan Review Produk pada Market Place Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Jadi Di Bandar Lampung

Rini Velita, Andala Rama Putra Barusman, V Saptarini

Abstract


Shopee bukanlah satu-satunya perusahaan e-commerce yang menawarkan produk melalui website yang berada di Indonesia, semakin banyaknya persaingan di bidang e-commerce, mendorong Shopee melakukan inovasi dengan menawarkan keunggulan yang berbeda diantara para pesaing lainnya agar Shopee dapat bertahan dalam persaingan bisnisnya. Dengan adanya alat pemasaran Word of mouth masyarakat dapat mempercayai bahwa produk yang dijual itu sangat berkualitas dan terpecaya karena Word of mouth telah dikenal sebagai instrumen pemasaran yang efektif dan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. Ini adalah alat promosi yang sangat umum dan penting. Salah satu bentuk electronic word of mouth adalah review online, yaitu terdiri dari analisis dan komentar-komentar yang dibuat oleh konsumen mengenai produk yang telah dibeli. eWOM quality, eWOM quantity, dan sender’s expertise, akan mempengaruin review online juga akan berpengaruh pada perilaku konsumen Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh E-WOM dan riview produk pada market place shopee terhadap keputusan pembelian pakaian jadi di Bandar Lampung. Tipe penelitian adalah tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna internet yang melakukan pembelian melalui Market place shopee di Bandar Lampung 96 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara dominan responden menilai bahwa E WOM pada market place shopee adalah cukup baik. E WOM berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada market place shopee. Secara dominan responden menilai bahwa riview produk pada market place shopee baik. Riview produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian pada market place shopee. E WOM dan Riview produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian pada market place shopee.

Keywords


E WOM, Riview, Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Agus Wahyudi. 2019. Tata Laksana Baku Penyusunan Tesis, Cetakan Kedelapan. UBL Press. Bandar Lampung.

Barusman, Andala Rama Putra, Yoshoa. 2014. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan

Konsumen di Bubur Gabe Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No, 2.

Basu Swasta, & T Hani Handoko, 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen Edisi Pertama

BPFE Yogyakarta

Daryanto, 2012. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Satu Nusa Bandung

Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, B. M. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap

Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 1–6.

Jalilvand, M. R. dan Samiei, N. (2012), "The Effect of Electronic Word of Mouth On Brand Image and Purchase

Intention: An Empirical Study in the Automobile Industry in Iran", Marketing Intelligence & Planning, Vol. 30

Iss: 4 pp. 460 – 476

Lamba, Bhuvan dan Manav Aggarwal. 2014. “The International Journal Of Business & Management: A Study

on Influence of eWOM: Consumer Buying Behavior.”The International Journal Of Business & Management,

Vol 2 No. 9.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan. Sosioteknologi. Bandung

Priansa, 2016, Manajemen SDM dalm Organisasi. Publik dan Bisnis, Alfabeta, Bandung

Schiffman, L., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior. 10th Edition. New

Jersey: Pearson Prentice Hall

Setiadi, 2006. Perilaku Konsumen :Konsep dan Impilikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta :

Kencana

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v8i1.1688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub