Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung

Firdaus Ali, Andala R P Barusman, M Oktavianur

Abstract


Di era globalisasi saat ini, pemasaran merupakan hal yang sangat penting, mengingat banyaknya persaingan yang terjadi antara perusahaan- perusahaan yang bertarung merebut konsumen di setiap lini dan segmentasi konsumen yang ada di suatu wilayah penjualan. Di indonesia industri otomotif adalah industri yang memiliki potensi yang sangat baik, tingkat keinginan masyarakat untuk menaikkan prestise dapat dilakukan dengan kendaraan yang mereka gunakan. Banyaknya produk perusahaan transportasi yang menawarkan varian produk yang sama juga membuat persaingan semakin ketat. Konsep pemasaran menilai berhasilnya suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik, hal tersebut menandakan bahwa perusahaan telah memasuki era kompetisi. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh mengetahui dimensi mana yang lebih berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian mobil oleh konsumen. Tipe penelitian adalah tipe penelitian survey, Populasi dalam penelitian adalah konsumen PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung, dalam penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel atau penelitian survey atau sensus sebanyak 30 orang. Analisis data menggunakan Analisis Regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bauran Pemasaran (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung. Standar bauran pemasaran dan kualitas pelayanan dapat memberikan keuntungan lebih bagi karyawan dan PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung . Hasil ini menunjukkan bahwa jika memperbaiki bauran pemasaran (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung. Artinya, dengan kinerja karyawan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian. Bauran Promosi dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada PT. Astra Internasional Daihatsu Lampung. Hasil ini menunjukan bahwa dengan meningkatkan bauran pemasaran dan memperbaiki kualitas pelayanan karyawan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga akan meningkatkan kepuasan konsumen yang dapat berpengaruh pada keputusan pembelian.

Keywords


Bauran , kualitas, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Abdul,Suharto. 2011. Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta. 270 Hlm

Auly, Junaidi, Ahmad. 2004. Telaah persepsi konsumen dalam pemasaran partai politik. Jurnal Ilmiah

Entrepreneurship Vol. 2 No. 1 Hal.307-385 Bandar Lampung.

Bahri, Syamsul dan Zamzam, Fahkry. 2015. Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-AMOS. Deepublish,

Yogyakarta. 149Hlm

Barusman, Andala Rama Putra. 2019. The effect of security, service quality operations and information management,

reliability and trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping

Website. International Journal Of Supply Chain Management Vol. 8, No: 6, pp 585-594.

Barusman, Andala Rama Putra. 2019. The Impact of 7p’s (Marketing Mix) on Student Parents’ Decision at School

for Disable Students with Special Need. IOSR Journal of Business and Management Vol, 21, Issue 5. Ser. II

(May. 2019), PP 22-28.

Barusman, Andala Rama Putra, Yoshoa. 2014. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen

di Bubur Gabe Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No, 2.

Chairy. 2005. Studi pengambilan keputusan konsumen oleh forward looking Consumer: Penerapan model analisis

varians multivariat Non Hirarki dalam jurnal Manajemen Indonesia Vol II, No I. Jakarta: Universitas Indonesia

Chandra,H, Sitompul, D, Matondang, N. 2014. Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian

semen A pada pelanggan korporasi pada pt. XXX medan.Jurnal Ilmiah Manajemen Volume 17, Nomor 1,

Agustus. Magister Manajemen Universitas Bengkulu.

Dachlan, Usman 2014. Panduan Lengkap Structural Equation Modeling Tingkat dasar. Lentera ilmu, Semarang.

Ferdiansyah, R, Hadi, D, E, Anggrawati, Sularsih. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah dan

loyalitas nasabah pada pt. Bank mandiri tbk. Cabang bengkulu.Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 17. No. 4,

Agustus. Program Magister Manajemen Universitas Bengkulu

Fihartini, Yuniarti. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik Siakad onlineterhadap Kepuasan Mahasiswa Di

Fakultas Ekonomi danbisnis Universitas Lampung dalam. Jurnal Ilmiah Berkala Empat Bulanan, ISSN 1411 -

Volume 11 No. 1. Universitas lampung

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya.

Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Penerbit Erlangga, Northwestern

Kotler, Philip dan Keller. 2011. Marketing Management Jilid 1 dan 2. Prehalindo, Jakarta.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen pemasaran pendekatan praktis. graha ilmu, Yogyakarta.

Lovelock C, Wirtz J. 2007. Service marketing in people, technology, strategy.

Pearson Prentice Hall, United State of America.

Lupiyoadi Rambat, Hamdani A. 2006. Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, Mohamad. 2009. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi

pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono,F dan Chandra,G. 2011. Service, Quality&Satisfaction. Penerbit Andi, Yogyakarta. 506 Hal

P.Cannon Joseph, D.Perreault William, dan E.Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran dasar dengan pendekatan

manajerial global. Salemba Empat, Jakarta.

Rafiq, Mohammed, dan K. Ahmed, Pervaiz. 1995. Using the 7Ps as a genericmarketing mix", Marketing Intelligence

& Planning. Jurnal Internasional. Vol. 13 Iss 9 pp. 4 – 15.

Sugandi. Darmansyah, dan Soengkono. 2014. Kualitas pelayanan, pemasaran relasional dan citra perusahaan

terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Lautan berlian utama motor Bengkulu. Jurnal Manajemen, Vol 17,

Nomor 2. Agustus. Magister Manajemen Universitas Bengkulu

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku konsumen di era internet. Graha Ilmu, Yogyakarta. Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing

in Business. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Supranto, J. 2002. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar. PT. Rineka Cipta,

Jakarta.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Waluyo, Istomo. 2005. Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap pengambilan keputusan konsumen untuk

berlangganan harian umum Lampung Post di wilayah kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Berkala

Caturwulan. JE. Vol 3. No.1 Pascasarjana FE Unila

Yazid. 2005. Pemasaran Jasa Konsep Dan Implementasi. Penerbit Ekonisia, Jakarta.

Yunita, Afni. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Produk Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen Pada Kasimura Supermart Di Medan.Jurnal Manajemen Universitas Sumatera Utara




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v8i1.1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub