Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Pegawai Di Kecamatan Metro Pusat Kota Metro

Joko Aji Nur Setiawan, Iskandar A Alam, Iskandar A Alam, Hendri Dunan, Hendri Dunan

Abstract


Dalam rangka menyelenggarakan pelayanan publik kepada masyarakat secara efektif dan efisien, diperlukan motivasi yang tinggi dari penyelenggara pelayanan publik. Untuk mencapai motivasi, dibutuhkan adanya integritas, profesional, netral dan bebas dari tekanan apapun serta bersih dari adanya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dalam penyelenggaraan pelayanan publik.Berbicara mengenai peningkatan motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi pegawai pada Kecamatan Metro Pusat Kota Metro. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan Sampel dalam penelitian 70 orang. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai pada Kecamatan Metro Pusat masuk dalam kategori baik. Korelasi antara faktor-faktor yang mempegaruhi motivasi pegawai masuk dalam kategori skuat. Berdasarkan Koefisien Diterminasi Kedua Variabel diatas, terlihat bahwa Koefisien Diterminasi Motivator Factor ( Faktor Intrinsik) atau sering disebut dengan Faktor Kepuasan Pegawai (51,5%) lebih besar dari pada Hygiene Factor (Faktor Intrinsik) atau sering disebut dengan Faktor Ketidakpuasan Pegawai (50,9%) .Maka dapat disimpulkan bahwa Motivator Factor lebih mempengaruhi Motivasi Pegawai pada Kecamatan Metro Pusat Kota Metro dibandingkan dengan Hygine Factor Metro.

Keywords


Faktor Motivator;Faktor Hygiene

Full Text:

PDF

References


Kussriyanto 1991, Iklim Organisasi dan Dampaknya. Rajawali. Bandung.

Malayu Hasibuan 2006, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Gunung Agung, Jakarta.

Mega, Selfia Alke. 2015. Peranan Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan

Kerja Pegawai PT. Pandan Sari Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 5, No; 2.

Mulyono 2001, Sarana kerja Lingkungan Fisik Kerja, Jakarta, Rajawali perdana

Nitisemito Alex S., 2002. Manajemen Personalia Dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia,

Jakarta.

Sedarmayanti 2001, Organisasi Perkantoran dan Motivasi.. PT. Ganudra Pustaka Utama, Bandung

Sutrisno Hadi, 2006, Metode Penelitian Survey, Surabaya, Usaha Nasional

Warganegara, Tri Lestira Putri. 2015. Peranan Kepuasan Kerja Dalam Mengendalikan Perilaku Prokrastinasi

Melalui Loyalitas Pegawai Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen

dan Bisnis. Vol, 5, No, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v4i2.1675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub