Analisis Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Motor Yamaha Mio M3 pada PT Langgeng Prima Mandiri di Bandar Lampung

Hepiana Patmarina, M. Faqih Wiratama

Abstract


Perkembangan  jaman saat ini menimbulkan persaingan semakin ketat dalam dunia bisnis. Objek dalam penelitian ini yaitu PT. Langgeng Prima Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan motor. Masalah dalam penelitian ini yaitu nilai penjualan pada PT Langgeng Prima Mandiri berfluktuasi dengan rata-rata perkembangan nilai penjualan selama Januari 2014 sampai Desember 2015 cenderung berfluktuasi dan meningkat sebesar 0,94%. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah “Apakah harga jual dan biaya promosi secara parsial dan bersama-sama berpengaruh terhadap nilai penjualan motor Yamaha Mio M3 pada PT Langgeng Prima Mandiri di Bandar Lampung?”. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga jual dan biaya promosi secara parsial dan bersama-sama terhadap nilai penjualan motor Yamaha Mio M3 pada PT Langgeng Prima Mandiri di Bandar Lampung. Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka diajukan hipotesis yaitu harga jual dan biaya promosi secara parsial dan bersama-sama berpengaruh positif terhadap nilai penjualan motor Yamaha Mio M3 pada PT Langgeng Prima Mandiri di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal yaitu untuk mengetahui hubungan atau pengaruh dari variabel bebas dan variabel terikat, dengan pendekatan penelitian deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai Fhitung (17,618) > Ftabel (3,47) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti secara bersama-sama harga jual (X1) dan biaya promosi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap nilai penjualan sepeda Motor merek Motor Yamaha Mio M3 pada PT. Langgeng Prima Mandiri di Bandar Lampung. Harga jual berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai penjualan, dengan nilai -thitung (-2,350) lebih kecil dari nilai -ttabel (-2,074) atau dengan kata lain -thitung < -ttabel, sedangkan hasil significant yang diperoleh sebesar 0,029, lebih kecil dari a yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan. Biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai penjualan, dengan nilai thitung (2,994) lebih besar dari nilai ttabel (2,074) atau dengan kata lain thitung > ttabel, sedangkan hasil significant yang diperoleh sebesar 0,007, lebih kecil dari a yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan.

Changing times today raises the increasingly fierce competition in the business world. The object of this research is PT. Lasting Prima Mandiri is a company engaged in the sale of motor. The Problem this reseach,  The value of sales at PT Langgeng Prima Mandiri fluctuates with average growth in sales value during January 2014 to December 2015 is likely to fluctuate and increase of 0.94%. The problems in this research are "What is the selling price and the cost of sale partially and jointly affect the value of sales of Yamaha Mio motorcycle M3PT Langgeng Prima Mandiri in Bandar Lampung?" The purpose of this thesis was to analyze the effect of the sale price and the cost of sale and partial together on sales value M3 Yamaha Mio in PT Langgeng Prima Mandiri in Bandar Lampung. Based on the above mentioned problems, the proposed hypothesis that the selling price and the cost of sale and partial jointly positive effect on sales value M3 Yamaha Mio in PT Langgeng Prima Mandiri in Bandar Lampung. This research is a quantitative type of research is to determine the causal relationship or the influence of the independent variables and the dependent variable, with the approach of descriptive and inferential. Based on the results of the discussion can be concluded that the value of Fcount (17.618)> Ftable (3.47) so that Ho refused and Ha accepted which means jointly selling price (X1) and promotion (X2) significantly affect bicycle sales value motorcycle brand Yamaha Mio M3 at PT Langgeng Prima Mandiri in Bandar Lampung. The selling price and a significant negative effect on sales value, with a value –tcount (-2.350) is smaller than the value -ttabel (-2.074), or in other words - tcount <-ttabel, while significant results were aobtained for 0,029, is smaller than determined is 0.05 so it can be said to be significant. Promotion costs and a significant positive effect on sales value, with tcount (2.994) is greater than the value ttable (2.074), or in other words tcount > ttable, while significant results were obtained for 0,007, is 0.05ais smaller than the specified so it can be said to be significant.


Keywords


Harga Jual; Biaya Promosi; dan Nilai Penjualan; Selling Price; Cost Promotion; and Sales Value.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ardiansyah, Rizky. 2013. Pengaruh Harga, Produk, dan Promosi Terhadap Nilai Penjualan Sepeda Motor Honda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 1 Nomor 1, Januari 2013.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Pe-nelitian. Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Bineka Cipta.

Isyanto, Puji. 2010. Marketing Management 1 (Prinsip dan Konsep). Karawang: Fakultas Ekonomi Universitas Singa-perbangsa.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong, Garry. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Musdilawati, Ajeng. 2015. Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan (Studi Kasus Pada PT Kertas Padalarang Persero). Jurnal Fakultas Ekonomi. Universitas Kom-puter Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit CV. Alpha Beta.

Swastha, Basu DH. 2009. Asas-Asas Marketing. Edisi 7. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, dan Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Widiana, Muslichah E. dan Sinaga, Bonar. 2010. Dasar-dasar Pemasaran. Bandung: Karya Putra Darwati.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v6i2.837

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub