Hubungan Persepsi Konsumen Tentang Lokasi Usaha dengan Keputusan Pembelian pada UD Sinar Fajar Cabang Antasari di Bandar Lampung
Abstract
Usaha Dagang (UD) Sinar Fajar Cabang Antasari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan makanan yaitu Martabak Bangka. Dalam menentuan lokasi usaha memerlukan berbagai pertimbangan, di antaranya kedekatan dengan pasar, arus lalu lintas, mudah dijangkau, pesaing dan lain-lain. Lokasi yang sudah dianggap strategis oleh penjual belum tentu dianggap strategis oleh konsumen. Oleh karena itu, diperlukan penilaian mengenai persepsi konsumen tentang lokasi usaha yang akan berpengaruh terhadap keputusan membeli. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah selama ini perusahaan belum mengetahui bagaimana persepsi konsumen tentang lokasi usahanya karena belum pernah diadakan penelitian, serta peningkatan nilai penjualan dan jumlah pelanggan yang relatif kecil menunjukkan perubahan tingkat keputusan pembelian yang rendah. Permasalahan yang timbul adalah Apakah ada hubungan yang sinifikan antara persepsi konsumen tentang lokasi usaha dengan keputusan pembelian pada UD. Sinar Fajar Cabang Antasari?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada hubungan yang sinifikan antara persepsi konsumen tentang lokasi usaha dengan keputusan pembelian pada UD. Sinar Fajar Cabang Antasari. Jenis penelitian yang ini adalah penelitian kepustakaan dan lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode analiisis kualitatif dengan berdasarkan hasil kuisioner yang disebarkan kepada 86 orang konsumen sebagai responden yang sedang melakukan pembelian dan analisis kuantitatif dengan menggunakan Korelasi Product Moment, Koefisien Penentu, dan Uji t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Korelasi Product Moment diperoleh r sebesar 0,722, yang berarti bahwa persepsi konsumen tentang lokasi usaha memiliki hubungan yang kuat dengan keputusan membeli pada UD. Sinar Fajar cabang Antasari di Bandar Lampung. Sedangkan Keputusan Membeli dipengaruhi oleh Persepsi Konsumen tentang Lokasi Usaha sebesar 52,13%, dan sisanya sebesar 47,87% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 9,57, sedangkan ttabel pada α = 5% sebesar 1,665, berarti thitung > ttabel (9,57 > 1,665), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa persepsi konsumen tentang lokasi usaha mempunyai hubungan yang signifikan dan positif dengan keputusan pembelian pada UD. Sinar Fajar Cabang Antasari di Bandar Lampung dapat diterima.
Trade Enterprises (UD) Branch Sinar Fajar Antasari is a company engaged in the provision of food is Martabak Bangka. In menentuan business location requires several considerations, including proximity to markets, traffic flow, easy to reach, competitors and others. The location is considered strategic by the seller may not be considered strategic by the consumer. Therefore, it is necessary to assess the consumer perception of the business location that will affect the buying decision. Problems faced by the company during the company is not yet know how the consumer perception of business location because it has never conducted research, as well as increased sales and a relatively small number of customers who showed no change in the low purchasing decisions. The problem that arises is that sinifikan Is there a relationship between the consumer perception of the business location with purchasing decisions at UD. Sinar Fajar Branch Antasari ?. The purpose of this study was to analyze whether there sinifikan relationship between consumer perceptions about the location of the business by purchasing decisions at UD. Sinar Fajar Branch Antasari. The purpose of this study was to analyze whether there sinifikan relationship between consumer perceptions about the location of the business by purchasing decisions at UD. Sinar Fajar Branch Antasari. This study uses a qualitative analiisis based on the results of questionnaires distributed to 86 customers as respondents who were making purchases and quantitative analysis using Product Moment Correlation, Coefficient Determinants and t test. Based on the analysis of data obtained using the Product Moment Correlation r equal to 0.722, which means that the consumer perception of the business location has a strong connection with the decision to buy at UD. Sinar Fajar branch Antasari in Bandar Lampung. While Buying Decisions influenced by Consumer Perceptions of Business Area amounted to 52.13%, and the remaining 47.87% influenced by other factors not examined. Results obtained t t test by 9.57, while ttabel at α = 5% at 1,665, meaning thitung> ttabel (9.57> 1.665), then Ho is rejected and Ha accepted. Thus, the hypothesis that the consumer perception of the business location has a significant and positive relationship with the purchasing decisions at UD. Sinar Fajar Branch Antasari in Bandar Lampung acceptable.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Pe-nelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Basu Swastha, DH dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Yogykarta: Liberty.
Basu Swastha, dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. edisi pertama, cetakan keempat. Yogyakarta: Pe-nerbit BPFE.
Hadi, Sutrisno. 1996. Metodologi Research IV. Yogyakarta; Andi Offset
Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Research. Yogyakarta : Andi
Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Meda Pres.
Kotler, Philip. 1997. Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control (9th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.
Kamarudin Akhmad. 1996. Akuntansi Ma-najemen Dasar dan Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Muhammad, Trijalu Guruh. 2008. Pe-ngaruh Promosi dan Lokasi ter-hadap Keputusan Pembelian pada Pengunjung Sogo Departement Store Cabang Sun Plaza Medan. Tesis Sekolah Pascasarjana Univer-sitas Sumatra Utara.
Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2000. Consumer behavior: Perilaku Kon-sumen Dan Strategi Pemasaran Jilid 1. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
Riigio. R.E. 1990. Indtroduction to Indus-trial and Organization Psycho-logy. London: Scoott Foresman and Company.
Sasanti. 2003. Faktor-faktor Yang Mempe-ngaruhi Pembentukan Persepsi. Jakarta: Binaman Pressindo.
Sodik, Abdul, 2003. Organisasi Perilaku, Struktur Proses. Terjemah Nunuk A. Jakarta: Binarupa Aksara.
Sriyadi. 1991. Bisnis Pengantar Ilmu Per-usahaan Modern. Semarang: IKIP Press.
Sugiyono 2001. Metode Penelitian Admi-nistrasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuan-titatif Kualitatif dan R&D. Ban-dung: Alfabeta
Suharno. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: penerbit Graha Ilmu.
Supranto, J. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga
Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rieka Cipta.
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Manage-ment. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi Offset.
Husein Umar. 2005. Metode Riset Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v5i1.785
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:
Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub