MANAJEMEN KUALITAS LAYANAN USAHA MIKRO PADA SENTRA BATIK GAJAH OLING BANYUWANGI

Ahmad Azkal Azkiya'

Abstract


This study aims to analyze service quality management in micro-enterprises at the Gajah Oling Batik Center in Banyuwangi using a descriptive qualitative approach. Data were collected through in-depth interviews, participatory observations, and documentation involving business owners, stakeholders, and consumers. The findings reveal that service quality is strongly influenced by the diverse perspectives of business owners and the varying expectations of consumers. Local consumers tend to evaluate services based on emotional closeness and personal communication, whereas tourists demand greater professionalism, clearer information, and better-organized product displays. Analysis using the KUALITAS LAYANAN dimensions indicates that empathy is the primary strength of culturally rooted services, while tangibles, responsiveness, and assurance still vary significantly. The study concludes that improving service quality requires strengthening the capacity of micro-entrepreneurs, integrating cultural values into modern service standards, and enhancing collaboration among stakeholders to produce more consistent and competitive services.

Keywords


Service Quality, Micro Enterprises, Gajah Oling Batik, Kualitas layanan.

Full Text:

PDF

References


Austin, T., 2021. Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Dan Empathy Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Paten Masa New Normal Di Kecamatan Sako. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 6(1).

Bafadhal, A.S., 2022. Manajemen komplain dan kualitas layanan pariwisata. Deepublish.

Endayani, F., Sudarmiatin, S., & Wardana, L. W. (2024). Transformasi UMKM Kajoetangan Heritage: Peran Pelatihan Kewirausahaan Kreativitas dan Motivasi dalam Meningkatkan Pengembangan Usaha. Sosmaniora: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(3), 364-376.

Febriana, V., Juliana, J., Rahmatillah, R., Akbar, F. and Hayati, F., 2025. Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Pada Usaha Laundry Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Sahabat Laundry Coin Medan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 18(1), pp.1211-1216.

Firdausy, S. B. K., Maharani, D. D., & Sakti, D. B. (2024). Pengaruh Persepsi Qualitas, Brand trust, dan Brand satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada UMKM di Sektor Pemasaran Produk Makanan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 2(03), 179-190.

Hanif, H., Hidayat, T. and Haryadi, R.N., 2023. Pelatihan keterampilan manajemen operasional bagi UMKM: Peningkatan efisiensi dan produktivitas. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp.34-38.

Hasibuan, R.P.A., Harahap, A.R. and Rizka Ar Rahmah, M.E., 2025. Pengembangan UMKM Berbasis Budaya Sebagai Pondasi Ekonomi. PT Penerbit Qriset Indonesia.

Iman, N. and Nitawati, E.Y., 2024. Pendampingan Kelompok UMKM Binaan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan Melalui Implementasi Manajemen Pelayanan Surabaya Timur. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), pp.692-699.

Kapiso, L. and Andriana, R., 2025. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan D’Talaga Restaurant dan Villa’s Kotamobagu. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), pp.6806-6814.

Khumair, M. and Yazid, M., 2025. Analisis Peran Ekonomi Kreatif dalam Pemberdayaan Masyarakat Lokal: Studi Literatur Kualitatif terhadap Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia, 3(3), pp.156-169.

Kusuma, A.M.I.W., Laksmi, P.A.S. and Putra, I.K.J.P., 2025. Faktor Emosional dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi di Kota Denpasar: Emotional Factors in Increasing Customer Loyalty at Coffee Shops in Denpasar City. Review of Management, Accounting and Tourism Studies, 1(2), pp.136-149.

Laila, F.R., 2024. Peran Penerapan Prinsip 5C+ 1S Dalam Upaya Mengurangi Pembiayaan Bermasalah Di KSPPS BtmTMKabupaten Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Lubis, P.S.I. and Salsabila, R., 2024. Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), pp.91-110.

Maria, V., Situmeang, T. and Ardana, R.F., 2024. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Serang, Kabupaten Serang. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 2(2), pp.12-36.

Masrokhah, S., Suripto, S., Imron, A. and Syafi'ah, S.A., 2024. Keunggulan Bersaing Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Berdampak Keberlanjutan Pengunjung Umkm Batik Wastralingga Purbalingga. Economics and Digital Business Review, 5(1), pp.249-260.

Mohungo, Y., 2024. Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Inovasi Estetika: Pengaruhnya terhadap Kinerja UKM. Penerbit NEM.

Muin, S.A., 2021. Kinerja Usaha Pelaku UMKM Etnis Bugis Makassar: Suatu Tinjauan Kemampuan Usaha, Budaya Berusaha, Modal Sosial dan Kewirausahaan. Penerbit Adab.

Mukarrama, I.H., Khoiron, K. and Abidin, A.Z., 2025. Pelayanan Informasi di Malang Tourist Information Center (MTIC). Respon Publik, 19(2), pp.50-59.

Mulyana, A., Vidiati, C., Danarahmanto, P.A., Agussalim, A., Apriani, W., Fiansi, F., Fitra, F., Aryawati, N.P.A., Ridha, N.A.N., Milasari, L.A. and Siagian, A.F., 2024. Metode penelitian kualitatif. Penerbit Widina.

Nabila, S. and Nadlir, N., 2025. Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Journal of Education Research, 6(2), pp.302-309.

Nengsih, D.A.W., Nikmah, M.A. and Aqidah, W., 2025. Peran Industri Batik Dewi Rengganis Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal Kabupaten Probolinggo. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), pp.2271-2277.

Nizar, M., Jamhuri, M., & Rakhmawati, A. (2024). Transformasi Digital Bisnis Batik: Membangun Kapabilitas Digital pada Batik Canting Khas Gempol Pasuruan. Yayasan Rahmazar Kurnia Jaya.

Nugroho, L., Briandana, R., Hidayah, N. and Jamil, A., 2024. Buku referensi kewirausahaan pada era digital tata kelola dan komunikasi.

Nuraini, V., Hermawan, H. and Rahayu, J., 2025. Entrepreneurship Strategy Based On Creativity And Product Innovation: An Empirical Study On The Sustainability Of Banyuwangi Traditional Batik MSMES. Dynamic Management Journal, 9(2), pp.572-593.

Nurhayati, N., Apriyanto, A., Ahsan, J. and Hidayah, N., 2024. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ongko, E.S., Syahrurridhani, A. and Sutrisno, A.A., 2022. Kajian motif batik Gajah Oling dalam busana tari Gandrung khas Banyuwangi dengan pendekatan etnosemiotika dan estetika. Jurnal Kajian Seni, 9(1), p.41.

Pakpahan, A.F., Prasetio, A., Negara, E.S., Gurning, K., Situmorang, R.F.R., Tasnim, T., Sipayung, P.D., Sesilia, A.P., Rahayu, P.P., Purba, B. and Chaerul, M., 2021. Metodologi penelitian ilmiah.

Parasuraman, A.B.L.L., Zeithaml, V.A. and Berry, L., 1988. SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. 1988, 64(1), pp.12-40.

Pratiwi, A., 2021. Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Kota Pinang (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Putri, N.F.E., Arsyad, A.W., Dwivayani, K.D. and Boer, K.M., 2024. Analisis kualitas komunikasi interpersonal customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah bank PT. BPD Kaltim Kaltara kantor cabang utama Samarinda. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(2), pp.1695-1703.

Sastradinata, B.L.N., 2024. Strategi UMKM dan bisnis kreatif. Bumi Aksara.

Semuel, H., Mangoting, Y. and Hatane, S.E., 2022. Makna kualitas dan kinerja tenun tradisional Indonesia kolaborasi budaya nasional dan budaya organisasi. Makna Kualitas dan Kinerja Tenun Tradisional Indonesia Kolaborasi Budaya Nasional dan Budaya Organisasi.

Setiono, B.A. and Putra, R.N.P., 2025. The Influence of Service Quality (Reliability, Responsiveness, Tangibles, Empathy and Assurance) on Student Satisfaction Port Management and Maritime Logistics Study Program Vocational Faculty of Shipping Hang Tuah University. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 15(2), pp.327-339.

Suganda, D.A., Haura, R., Widodo, S. and Datu, Y.A., 2025. Buku Referensi Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Teori dan Implementasi.

Suganda, F.R. and Purnamasari, I., 2022. Analisis Wilayah Manajemen Operasional pada UMKM Bintang Langit. Journal of Knowledge Management, 16(1), pp.1-12.

Pambagus, F.A.P., 2024. Kajian Penataan Ruang dan Display Produk Kerajinan Batik pada Galeri Batik Danar Hadi Surabaya. Journal of Education Research, 5(2), pp.2035-2043.

Virdyanawaty, R.I., 2020. Desain Sistem Pelayanan Berbasis Benefit dan Experience (Studi Kasus di IKM Batik Keraton).

Zeithaml, V.A., Bitner, M.J. and Gremler, D.D., 2017. Services marketing 7th ed.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v16i1.4628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub