Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Komitmen Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kopertis Wilayah II Palembang (Survey pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah II Palembang)

Nur'aeni NUR'AENI

Abstract


Condition of Private Higher Education lecturers in Region II, Palembang have new academic levels amounted to 1954 people or 16.82%. Many lecturers are not yet fully do the Tridharma activities but only in education and teaching activities. There are still many faculty who conduct research dharma and devotion only to take care of any academic level. Not to be used as a target of the performance of the lecturers themselves. Motivation, competence and commitment often as major to influence lecturers private higher education performance. The objectives of this research are : to determine the influences of motivation, competence and commitment on performance lecturers. The research methods are use descriptive and explanatory survey with questionnaires as an instrument of the primary data collection. Sample size is 300 lecturers that be taken sample quota which information centre the head of department in 41 universities regional II Palembang environment, data analysis is using the structural equation model (SEM). Analysis results showed that ; level of motivation in the higher category, level of competence in the competent category, ; level of commitment in the higher category, level of lecturer performance in the higher category. Motivation, competence and commitment have a meaningful relationship to the lecturers performance.

Kondisi dosen Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah II Palembang yang memiliki jenjang akademik baru berjumlah 1.954 orang atau 16,82%. Banyak dosen yang belum melakukan kegiatan tridharma secara penuh, baru sebatas pada kegiatan pendidikan dan pengajaran saja. Masih banyak dosen yang melakukan darma penelitian dan pengabdian hanya untuk mengurus jenjang akademik saja. Belum dijadikan sebagai target dari kinerja para dosen itu sendiri. Motivasi, kompetensi dan komitmen merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja dosen perguruan tinggi swasta. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil kajian mengenai motivasi, kompetensi, komitmen dan kinerja dosen serta untuk mengungkapkan analisis tentang pengaruh motivasi, kompetensi dan komitmen terhadap kinerja dosen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatory survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data primer. Ukuran sample 300 dosen yang diambil melalui teknik pemetaan jumlah sampel, dengan sumber informasi ketua jurusan yang tersebar di 41 perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah II Palembang. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat motivasi dalam katagori tinggi ; tingkat kompetensi dalam katagori kompeten ; tingkat komitmen dalam katagori tinggi dan tingkat kinerja dalam katagori tinggi. Motivasi, kompetensi dan komitmen mempunyai pengaruh yang berarti terhadap kinerja dosen.

 

Keywords


Motivation; Competence; Commitment; Performance. Motivasi; Kompetensi; Komitmen; Kinerja.

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman dan S. Marten Yogaswara. 2003. Kualitas Jasa Dosen dalam Perkuliahan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Mahasiswa FKIP Universitas Pasundan. Jurnal Ilmiah Kependidikan Metalogika. Vol. 6. No.1, p. 30-38.

Ainswort, Murray, Neville Smith, and Millership. 2002. Managing Perfor-mance Managing People : Under-standing and improving Team Performance. Printed in Australia by Griffin Press.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2007. Mana-jemen Sumber Daya Manusia dan Perusahaan. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Benardin, H. John and Joyce E. A. Russell. 2003. Human Resources Manage-ment: An Expriential Approach. Series in Management. New York: Mc Graw-Hill.

Burr, Renu and Antonia Girardi. 2002. Intelectual Capital : More than the interaction of competence x commit-ment. Australian journal of mana-gement. Sydney. P. 77-88.

Cascio, Wayne F. 2003. Applied Psycho-logy in Human Resource Mana-gement. London : Prentice-Hall International, Inc.

Chohen Aron, 1999. Relationship Among Five form of Commitment: An Empi-rical Assesment. Journal of Organi-zational Behaviour. Vol 20.p. 285-308.

Djohan Syarif. 2003. Strategi Pembinaan dan Pengembangan SDM Perguruan Tinggi Dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi (Studi Kasus di Perguruan Tinggi di Jakarta). Jurnal Ekonomi STEI, Nomor 1, Tahun XII, Januari-Maret

Gibson, James L., John M. Ivancevich, and James H. Donnelly, 2006. Organization Behavior-Structure-Process, 7Ed, Boston: Erwin Homewood.

_______, 2010. Organization Behavior-Structure-Process. 8Ed, Edisi Bahasa Indonesia, Alih Bahasa Nunuk Adiarni. Jakarta: Binarupa Aksara.

Hani Handoko, 2006. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta:.BPFE.

Harun Al Rasyid. 2004. Statistika Sosial. Bandung: Pascasarjana UNPAD.

Hornby, A.S. 2000. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Edited By Sally Wehmeyer and Michael Ashby. Sixth Edition. Oxford: University Press.

Husein Umar. 2008. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jex, Step M., 2002. Organizational Psychology. Canada: John Wiley.

Khoe Yao Tung. 2002. Simphoni Sedih Pendidikan Nasional: Refleksi Dunia Pendidikan Nasional. Jakarta: Abdi Tandur.

Lee, Seok-Hwan and Dorothy Olshfski. 2002. Public Administration Review. Volume 62. p. 108-114.

Marshall, Patricia. 2003. Mengapa Bebe-rapa Orang Lebih Sukses Dari Yang Lainnya? Manusia dan Kompetensi Panduan Praktis Untuk Keunggulan Bersaing. Editor Boulter, Murray Dalziel, dan Jackie Hill. Alih Bahasa. Bern. Hidayat. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Meyer J.P., Allen N.J. & Smith, Catherina A. 2003. HRM Practices and Organizational Commitment; Test Of a Mediation Model. Canadian Journal of Administrative Science. Vol. 7. No. 4.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Sertifikasi Pendidik I, II, III untuk Dosen. Jakarta.

Depdiknas RI. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Depdiknas RI. 2003. Undang-undang Pendidikan Nasional R.I. No. 20 Tahun 2003. Jakarta.

Depdiknas RI. 2005. Undang-undang Guru dan Dosen R.I. No. 14 Tahun 2005. Jakarta.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2007. Organizational Behavior. New Jersey : Pearson International Edition.

Schermerhorn, John, James G. Hunt, and Richard N. Osbron, 2008. Mana-gement. Sixth Edition. John Wiley and Sons Inc.

Singarimbun, M; dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Spencer, Lyle M. and Signe M. Spencer, 1993. Competence Work: Model for Superior Performance. John Wiley and Sons, Inc.

Stoner, James A. F. & Edward Freeman, Daniel R. Gilbert, Jr., 1996. Manajemen. Edisi Indonesia. Alih Bahasa Alexander Sindoro. Jakarta: PT. Prehallindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Bandung: Alpabeta.

Umi Narimawati, Jonathan Sarwono. 2007. Structural Equation Model (SEM). Dalam Riset Ekonomi Menggunakan LISRELL. Yogyakarta: Gava media.

Kopertis Wilayah II Palembang. 2009. Direktori Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah II. Palembang.

Zeithaml, Valarie ; A.A. Pasuraman, and Leonard L. Berry. 2009. Delivering Quality Service; Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press

Zeithaml, Valarie; Bitner Mary Jo; Gremler, Dwayne. 2009. Service Marketing, Singapore: Mc Graw-Hill Interna-tional Edition.

Nur'aeni. 2011. Pengaruh Motivas, Kompetensi dan Komitmen Terhadap KinerjaDosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kopertis Wilayah II Palembang (Survey pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah II Palembang). Universitas Bandar Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v1i2.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub