DAMPAK PRODUK, HARGA, TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKARONI PADA CV. MACARINDO BERKAH GROUP DI JEMBER

Sarah kusumaningrum, Nurul Qomariah, Nursaidah Nursaidah

Abstract


Perkembangan dunia usaha semakin menunjukkan kemajuan yang pesat. Perkembangan dunia usaha hingga saat ini merupakan kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat di sekitar masyarakat yang dikelilingi oleh banyak perusahaan yang bermunculan karena tuntutan berbagai kebutuhan dan keinginan, oleh karena itu diperlukan strategi yang efektif dan efisien agar perusahaan dapat sukses di era sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak dari bauran pemasaran 4P terhadap keputusan pembelian pada CV. Macarindo Berkah Group. Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif kuantitatif dimana data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang akan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Pada tahap pengujian pertama yaitu pengujian reliabilitas dan validitas kuesioner menghasilkan data yang menunjukkan kuesioner tersebut valid dan reliabel. Uji hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa dari keempat variabel yaitu produk, harga, tempat, dan promosi diketahui terdapat tiga variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu, produk, tempat, dan promosi, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Bauran pemasaran, produk, harga, tempat, promosi, dan keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2017. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Abubakar. 2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Agustina, Shinta. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas.

Alteza, M. 2011. Pengantar Bisnis : Teori dan Aplikasi di Indonesia. pp. 1-139.

Andriyanto, L., Syamsidar, S., Widowati, I. 2019. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum The Effect Analysis Of Marketing Mix (7p) On Purchase Decision In Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika sosial Ekonomi, 1(1). pp. 26-38.

Artawan, I. P. P. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Tour Package Pt Smailing Tour Di Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 11. pp. 1249-1274.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Deliyanti Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Firdaus, A. 2017. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus Pada Perumahan Surya Mandiri Teropong Pt. Efa Artha Utama). Jom Fisip, 4(1). pp. 1689-1699.

Firmansyah, M. A. And Rosmaniar, A. 2015. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di Surabaya. Balance: Economi, 12(2). pp. 82-94.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, R. W., Ebert, R. J. 2014. Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Habibah, Ummu dan Sumiyati. 2016. Napik, A., Qomariah, N., & Santoso, B. 2018. Kaitan Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1). pp. 73.

Nurhayati, A., Lasmanawati, E. dan Yulia, Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardsah di kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.pp. 31-48.

Hendri Sukatjo, S. R. A. 2010. Analisa Marketing Mix-7p (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, Dan Physical Evidence) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta Di Surabaya. Jurnal Mytra Ekonomi Dan Manjemen Bisnis, 1(2). pp. 216-228.

Herawati, N. And Qomariyah, N. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Interverning (Studi Empiris Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda Di Surakarta). Bhirawa, 4(1). pp. 1-15.

Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember Haris. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 1(2).

pp. 143-161.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2017. Principles of Marketing. Pearson.

M. Taslim, Dangnga dan Yusran, F. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Pada P.T. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. Jurnal Economix, pp. 1-11.

C.2012. Pengaruh Mata Kuliah Berbasis Gizi Pada Pemilihan Makanan Jajanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).

Qomariah, N. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jember). JEAM.

Qomariah, N. 2016. Marketing Adactive Strategy. Cahaya Ilmu.

Rosalina, M., Qomariah, N. dan Sari, M. I. 2019. Dampak Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2). pp.161-174.

Sangadji, S. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa Pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura Di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Fakultas Ekonomi : OPTIMAL, 13(2).pp. 142-157.

Sarwo, Prayogi Dan Triyono. 2020. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Popok Bayi Merek Mamamia Di Kota Semarang). Majalah Ekonomi dan Bisnis.

Schiffman dan Kanuk. 2012. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2018. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.

Sjawal, B. P., Mananeke, L. And Jorie, R. J. 2020. Effect Of Marketing Mix On Consumer Decisions To Choose Cafes

(Case Study On Blen.Co Café Manado Consumers ). Jurnal Emba, 8(3). pp. 379-388.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu, I. 2014. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran.

Andi.

Widyaningrum, N. A. 2017. Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Crispy Rice Crackers. Jurnal Manajemen Dan Start Up Bisnis, 1(6). pp. 635-641.

Yanuar, M. M., Qomariah, N. dan Santoso,

B. 2019. Dampak Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1). pp. 61-80.

Zaini, A., Qomariah, N., Santoso, B. 2020. Dampak Harga Produk, Promosi, Lokasi Dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1). pp. 151-160.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v12i2.3565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub