ANALISIS SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI) PADA RUMAH BUMN BANDAR LAMPUNG

Andoni Fornio Barusman, Hendri Dunan, Niki Agus Santoso

Abstract


UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Sekitar 88,8-99,9% bentuk usaha di ASEAN adalah bentuk usaha mikro, kecil dan menengah dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 51,7-97,2%. Bisnis ini memiliki proporsi sebesar 99,99% dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia atau sebanyak 56,54 juta unit. Perkembangan potensi UMKM di Indonesia tidak terlepas dari dukungan perbankan dalam penyaluran kredit kepada pelaku UMKM. Menurut data Bank Indonesia, setiap tahunnya kredit kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mengalami pertumbuhan. sampai usaha jual beli barang-barang yang dibutuhkan oleh kendaraan. Social Return on Investment (SROI) adalah sebuah kerangka kerja untuk mengukur dan memperhitungkan konsep nilai yang jauh lebih luas yang bertujuan untuk mengurangi ketidaksetaraan dan degradasi lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan dengan memasukkan biaya dan manfaat sosial, lingkungan, dan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rasio hasil perhitungan SROI pada Program PLN Peduli pada Kelompok Tani Harapan Maju, Desa Bumi Jaya, Kecamatan Candipura, Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa besarnya dampak yang dihasilkan dari program PLN Peduli adalah sebesar 1,4:1 yang artinya setiap Rp.1 yang diinvestasikan dalam program PLN Peduli pada Rumah BUMN Bandar Lampung menghasilkan dampak sosial sebesar Rp. 1,4 menurut perhitungan SROI.


Keywords


SROI, Rumah BUMN, Bandar Lampung

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2018. Kabupaten Muara Enim Dalam Angka 2018. Muara Enim: CV. Vika Jaya

Cektarif.com. (n.d.). Retrieved Oktober 8, 2019. from https://cektarif.com/ongkir-jne-yogyakarta-ke-lawang-kidul-tj-enim-mr-enim-1kg-2019.html

Purwohedi, Unggul. 2016. Social Return On Investment (SROI): Sebuah Teknik Untuk Mengukur Manfaat Atau Dampak Dari Sebuah Program Atau Proyek. Yogyakarta: Leutikaprio

Scholten, P., Nicholls, J. Olsen, S. dan Galimidi. 2006. Social Return on Investment: a Guide to SROI Analysis. Amstelveen: Lenthe Publishers.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogjakarta: PT. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v14i1.3127

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub