Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Propinsi Lampung
Abstract
This study aims to analyze and provide empirical evidence about the effect of motivation on
student interest in accounting to follow accounting education program. Hypothesis in this research is motivation influence of student interest in accounting to follow accounting education program. The data used in this study is primary data. The primary data used by using questionnaire obtained from 90 respondents is S1 students majoring in accounting at the University of Lampung Province who have taken 120 credits or who was in the seventh semester. Samples were obtained by proportional sampling. The data analysis technique used in this study is a simple regression analysis and hypothesis testing t test using SPSS 18.0 for windows. Results of the study was the hypothesis is accepted as motivation affect the interest of the education of accounting students to follow the accounting profession.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta ; Bumi Akasara
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi ke Empat. Penerbit: Universitas Dipinogoro.
Ismail, Lestari B. 2012. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Di Perguruan Tinggi Sumatera Utara. Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 4 No. 2.
Marbawi. 2002. Motivasi dan Kepuasan Kerja Karyawan dan Dosen Universitas Malikussaleh Lhoksumawe. Journal of Economic E-MABIS vol 2 no.5
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sanusi, Anwar. 2011. Metodelogi Penelitian Bisnis. Penerbit: Salemba Empat, Malang. Sardiman,A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
JURNAL Akuntansi & Keuangan Volume 6, Nomor 1, Maret 2015
Setiaji, B. 2004. Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta : PPS Universitas Muhammadiyah.
SK Mendiknas No. 180/P/2001 Tentang Pengangkatan Ahli Persamaan Ijazah Akuntan.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
SPSS vs LISREL : Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supardi dan Anwar, S. 2004. Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Yogyakarta:UII Press. Rineka Cipta.
Surya, M. 2003. Psikologi Konseling. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy. Undang-undang Nomor 34 Tahun 1954 Tentang Pemakaian Gelar Akuntan. Undang-undang Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik.
Yuneriya, Aris, Djoko. 2013. Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 13 No. 1.
Tarmizi, Rosmiaty & Restuti, Julia.2015. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Propinsi Lampung: Universitas Bandar Lampung
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v6i1.568