Analisa Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengendalian Intern Penjualan Dan Piutang study kasus pada CV. Alam Prima Komputer (Sentra Laptop) di Bandar Lampung
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa sering terjadi keterlambatan pengiriman barang ke pelanggan,untuk mengetahui mengapa sering tejadi salah kirim.,untuk mengetahui mengapa sering terjadi keterlambatan pembayaran piutang yang sudah jatuh tempo dan untuk mengetahui mengapa sering terjadi perbedaan saldo yang dicatat perusahaan dengan saldo yang dicatat pelanggan. Secara umum setiap perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yaitu mengoptimalkan kinerja perusahaan untuk meningkatkan laba yang maksimum. Salah satu caranya adalah meningkatkan penjualan. Dalam suatu perusahaan, kegiatan penjualan merupakan sumber pendapatan untuk pembiayaan aktivitas perusahaan. Penjualan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara tunai dan secara kredit. Akibat dari penjualan secara tunai akan berkaitan dengan penerimaan kas, dimana kas penting untuk kelancaran jalannya perusahaan sedangkan penjualan secara kredit akan mengakibatkan timbulnya piutang usaha. Pemberian kredit tanpa memperhatikan kredibilitas pelanggan dalam kegiatan penjualan kredit sering dilakukan oleh perusahaan.
Keywords
accounting information; internal control;
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.36448/jak.v2i2.210