Pertimbangan Iklim Tropis Lembab Dalam Konsep Arsitektur Bangunan Modern

Gagoek Hardiman

Abstract


Pemahaman terhadap prinsip arsitektur tropis lembab di Indonesia, sangat perlu untuk menciptakan bangunan dengan ruang-ruang yang nyaman dan sehat. Selain itu dengan mengantisipasi permasalahan dan memanfaatkan potensi iklim tropis lembab, akan didapatkan hal yang sangat penting, yakni penghematan energi, pelestarian lingkungan dan penghematan sumberdaya alam. Nenek moyang bangsa Indonesia terbukti telah berhasil merencanakan banguan yang sesuai dengan iklim tropis lembab secara trial and error dalam kurun waktu yang sangat panjang. Oleh karena itu untuk mewujudkan arsitektur yang berkelanjutan dan sesuai dengan alam serta budaya Indonesia. Perlu dipelajari local wisdom atau kearifan lokal pada arsitektur Nusantara yang dapat dipadukan dengan teknologi dan ilmu pengetahuan modern yang bersifat global untuk mewujudkan arsitektur masadepan yang berkelanjutan.

Keywords


Arsitektur, tropis lembab, kebijakan lokal, modern

Full Text:

PDF

References


Bano, RMZ; Betang, A. Yani.(1992): Arsitektur, Proto Mongoloid, Negroid, Austroloid. Universitas Widya Mandira, Kupang NTT.

Hardiman,G. (2011) : Disain bangunan masa depan yang berkelanjutan - Seminar designing the future – triple zero UNHAS Makassar

Manurung,P B; Vanda,PM. ( 2002): Arsitektur Tradisional sebagai perwujudan Budaya – studi kasus arsitektur tradisional Batak karo desa Lingga . Universitas St,.Thomas. Medan.

Priyotomo, J. ( 2000): Architecture of roof and architecture of wall: an observation upon the speculative 'root' of Nusantara Architecture. SENVAR 2000, Surabaya.

Sobek,W. (2011): Werner sobek engineering and design. http://www.wernersobek.de -14 mei 2012.

Wilson,R; Dissanayake,W. (2000): Cultural Production and the transnasional imaginary. Duke University Press. USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jaubl.v2i2.307

JURNAL ARSITEKTUR saat ini terindeks:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License