Desain Dan Perencaaan Taman Wisata Yang Berwawasan Mutu Dan Lingkungan Serta Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus : TWA DAM Raman)

Fritz Akhmad Nuzir, Agus Sukoco, Alex Tribuana Sutanto

Abstract


Pada saat ini, peran pariwisata digolongkan sebagai industri terbesar di indonesia bahkan di dunia dan merupakan sektor ekonomi yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan penyedia lapangan pekerjaan yang banyak. Salah satu sektor pariwisata yang berkembang di Indonesia adalah wisata alam, Dam Raman sebagai salah satu potensi wisata alam yang keberadannya belum dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik.  Perencanaan tapak TW Dam Raman memperhatikan beberapa aspek yaitu : Wawasan Lingkungan,  Metro Tempo Dulu dan Keberpihakan terhadap masyarakat sekitar. Dibangunnya TW Dam raman, diharapkan mempunyai visi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya. Selain dari segi ekonomi, edukasi serta partisipasi  mengenai pariwisata diharapkan terbentuk baik untuk masyarkat sekitanya. Standar Internasional ISO 9001:2008 yang menetapkan persyaratan sistem manajemen mutu untuk Taman Wisata Dam Raman  yang  perlu menunjukkan kemampuannya secara terus menerus dalam menghasilkan pelayanan yang baik terhadap pengunjung maupun stakeholder, serta Sistem manajemen lingkungan (SML) yakni dengan standard ISO 14001:2004 merupakan sebagai dari sistem manajemen secara keseluruhan yang termasuk di dalamnya struktur organisasi,aktivitas perencanaan, pertanggungjawaban, pelaksanaan, prosedur, dalam hal di obyek wisata dengan didukung oleh Sistem informasi e-tourism dalam suatu pemahaman yang sederhana dapat didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.

Keywords


Sistem Manajemen Mutu,Lingkungan , e-tourism

Full Text:

PDF

References


About Agritourism at http://www.farmstop.com/aboutagritourism.asp

Ariyanto. 2003. Ekonomi Pariwisata Jakarta: Pada http://www.geocities.com/ariyantoeks79/home.htm

Deptan, 2005. “Agrowisata Meningkatkan Pendapatan Petani” pada http://database.deptan.go.id

Boerhanoeddin, Zuraida, 2005., E-Commerce In Indonesia; Indonesian Satellite Corp

Prisma, 2003., E-Tourism: Prisma Strategic Guideline 6, http://www.prisma-eu.net

ISO 9001:2008, Standard. Quality Management System. International Organization of Standardization.

ISO 14001:2004 , Standard. Environment Management System. International Organization of Standardization.

World Tourism Organization (2003/2004). Tourism Highlights. See http://www.world-tourism.org

World Tourism Organization (2004). Compendium of Tourism Statistics. See http://www.world-tourism.org

World Tourism Organization (2006). Tourism Highlights. See http://www.world-tourism.org




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jaubl.v2i1.301

JURNAL ARSITEKTUR saat ini terindeks:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License