Perencanaan dan Desain Lanskap Embung Mekar Sari Kabupaten Tulang Bawang Barat berbasis budaya Lampung

Eduwin Eko Franjaya

Abstract


Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) merupakan kabupaten baru pengembangan dari Kabupaten Tulang Bawang. Kabupaten ini diresmikan pada tahun 2008. Dengan status kabupaten baru, Tulang Bawang Barat perlu melakukan penataan ruang dan wilayahnya agar dapat mendukung sosial perekonomian daerah. Berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 2 tahun 2012 tentang tata ruang, salah satu yang dikembangkan adalah kawasan wisata, baik wisata buatan, alam maupun budaya. Keberadaan beberapa embung yang ada di daerah ini turut menjadi fokus pengembangan obyek wisata. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan merancang Site Plan dan desain kawasan wisata Embung Mekar Sari Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan mengambil ciri budaya Provinsi Lampung. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan perencanaan dan perancangan arsitektur lanskap. Hasil dari penelitian ini berupa gambar rancangan Site Plan kawasan Wisata embung secara umum, 3D desain dan Video Animasi kawasan wisata Embung Mekar Sari. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat.


Keywords


budaya lampung; embung; site plan; wisata; 3D desain

Full Text:

PDF

References


Franjaya EE, Gunawan A, Mugnisjah WQ. (2013) Desain Lanskap Pertanian Terpadu sebagai Wahana Pendidikan dan Wisata Pertanian. Jurnal Lanskap Indonesia Vol 5 No 1 2013: 7-15.

UPTD Museum Negeri Provinsi Lampung. (2016). Adat Istiadat Daerah Lampung. Bandar Lampung: Museum Negeri Provinsi Lampung.

Syarief, R. (2012). Pengaruh Warisan Budaya Perahu pada Arsitektur Tradisional di Lampung. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jaubl.v10i2.1438

JURNAL ARSITEKTUR saat ini terindeks:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License