Studi Evaluasi Pasca Huni Ditinjau dari Aspek Fungsional pada Bangunan Asrama Mahasiswa Putra (TB2) Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
Abstract
Keberadaan asrama bagi mahasiswa dalam suatu universitas merupakan salah satu sarana yang sangat penting
difasilitasi oleh pihak universitas. Mahasiswa diberikan kemudahan untuk menunjang proses pembelajaran dengan
adanya sarana tempat tinggal yang sangat dekat dengan kegiatan perkuliahan dan tentunya tidak memerlukan biaya
akomodasi yang tinggi ketika menggunakan sarana asrama universitas ini. Asrama Mahasiswa Institut Teknologi
Sumatera (ITERA) merupakan salah satu asrama percontohan yang baru berdiri sekitar 3 tahun lamanya. Sampai
sejauh ini belum ada evaluasi mengenai dampak fisik dan psikis yang terjadi di asrama ini. Penelitian ini bertujuan
untuk mengevaluasi bangunan berdasarkan studi evaluasi pasca huni, ditinjau dari aspek fungsional. Metode yang
dipakai dalam penelitian ini berupa metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner
kepada 116 orang mahasiswa yang ada di asrama tersebut. Data penunjang diperoleh melalui wawancara dengan
pihak manajemen dan beberapa penghuni asrama. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah peneliti dapat
mengevaluasi bangunan asrama putra berdasarkan aspek fungsional guna meningkatkan kualitas sarana dan
prasarana yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Flexner, S. B. (1987). The Random House Dictionary of English Language (Unabridged; S. B. Flexner, Ed.). Manhattan:
Random House Reference.
Huda, B. K. (2016). Studi Evaluasi Pasca Huni Rumah Susun Sewa di Banda Aceh terhadap Aspek Arsitektur Bangunan
dan Perilaku Penghuni. Jurnal Ilmu Arsiktektur, 5(2), 9–15.
KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved from https://kbbi.web.id/asrama
Preiser, W. (1995). Post-occupancy evaluation: how to make buildings work better. Facilities, 13(11), 19–28.
https://doi.org/10.1108/02632779510097787
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jaubl.v10i1.1335
JURNAL ARSITEKTUR saat ini terindeks:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License