Implementasi Sistem Monitoring Asap Rokok Melalui Smartphone Menggunakan Sensor Mq-135 Berbasis Arduino Untuk Meningkatkan Gerakan Displin Kampus (GDK)

Nurfiana NURFIANA, Warid Hasbiyantoro

Abstract


Gerakan Disiplin Kampus (GDK) adalah upaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, tertib, dan bersih di kampus Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Sanksi diterapkan untuk meningkatkan GDK dan berlaku bagi seluruh civitas akademika IIB Darmajaya. Adanya sanksi atas pelanggaran GDK yang dilakukan belum dapat menekan angka pelanggaran. Salah satunya masih banyak mahasiswa dan karyawan yang merokok ditempat yang terdapat tanda larangan merokok. Guna meningkatkan monitoring diperlukan alat yang dapat mendeteksi jika ada yang merokok dan memberikan informasi lokasi melalui smartphone. Penelitian ini menggunakan sensor MQ-135 sebagai pendeteksi adanya asap rokok yang kemudian akan diproses oleh arduino. Arduino akan memproses inputan dan akan menampilkan lokasi tempat terjadinya pelanggaran larangan merokok melalui smartphone. Wifi digunakan sebagai media transmisi antara smartphone dengan alat pendeteksi asap rokok. Hasil uji coba membuktikan bahwa sensor MQ-135 dapat mengirimkan informasi lokasi asap rokok ke smartphone dengan akurat ketika ada asap rokok dengan jarak jangkauan maksimal 25 meter.

Keywords


Sensor MQ-135; Smartphone; Arduino; LINKSYS WRT54GL.

Full Text:

PDF

References


rdgeneration. (2013, September 24). 23rd genration history of 23. Retrieved Desember 15, 2016, from https://23rdgeneration.wordpress.com/2013/09/24/perkembangan-perangkat-bergerak-dalam-persaingan-sistem-operasi/

Admin. (2011, November 26). Mengenal Wireless Access Point. Retrieved Mei 9, 2016, from http://www.catatanteknisi.com/2011/11/wireless-access-point.html

Agung, F. S., Farhan , M., Rachmansyah, & Widiyanto, E. P. (2013). Sistem Deteksi Asap Rokok Pada Ruangan Bebas Asap Rokok Dengan Keluaran Suara. Palembang: STMIK MDP.

Mauludin, M. S., Alfalah, A. F., & Wibowo, D. D. (2016). MQ 2 Sebagai Sensor Anti Asap Rokok Berbasis Arduino dan Bahasa C. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) ke-7, (pp. 260-265). Semarang.

Noname. (n.d.). Arduino Product : Arduino Ethernet Shield 2. (Arduino) Retrieved Nopember 24, 2016, from https://www.arduino.cc/en/Main/ArduinoEthernetShield

Noname. (n.d.). main: arduinoBoardUno. (Arduino) Retrieved Mei 6, 2016, from https://www.arduino.cc/en/main/arduinoBoardUno

Nugroho, A. S. (2015). Rancang Bangun Alat Terapi Untuk Mengurangi untuk Ketergantungan Merokok Berbasis Mikrokontroller ATmega16. Jember: Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember.

Sujatmoko, A. S., Waworundeng, J., & Wahyudi, A. K. (2015). Rancang Bangun Detektor Asap Rokok Menggunakan SMS Gateway Untuk Asrama Crystal di Universitas Klabat. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015. Bali.

Wahyudi. (2016). Pengayaan ANDROID. Padang: STMIK Indonesia .




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v8i1.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub